Kidzania Surabaya Hadirkan Mini Theme Park di Sekolah

Kidzania Surabaya Hadirkan Mini Theme Park di Sekolah
Tim Kidzania Surabaya berasama siswa-siswi Surabaya Grammar School pada pelaksanaan program Kidzania Go, Jumat (17/1/2020) ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Amrozi Amenan / FER Jumat, 17 Januari 2020 | 23:37 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - Kidzania Surabaya menghadirkan theme park atau taman bermain di sekolah-sekolah di Surabaya melalui program Kidzania Go. Kegiatan ini digelar menjelang beroperasinya wahana hiburan dan pendidikan itu pada 20 Februari mendatang.

General Manager dan Sales & Marketing Kidzania Surabaya, Prangga Kusumawardhana mengatakan dunia anak-anak adalah dunia bermain dan belajar. Saat mereka bermain, mereka juga belajar mengenai banyak hal. Ketika permainan itu dikonsep bermain peran yang benar-benar mirip dengan kehidupan nyata, tentu yang dipelajari makin banyak dan menyenangkan.

Menjelang beroperasinya taman bermain itu pada 20 Februari 2020 mendatang, Kidzania Surabaya melakukan kunjungan ke beberapa sekolah dasar (SD) di Surabaya dengan memboyong nuansa taman bermain melalui program Kidzania Go.

"Kami ingin mengenalkan activity yang ada di Kidzania sekaligus memberikan semangat belajar di awal semester ini. Pasti akan menjadi pengalaman baru buat adik-adik,” kata Prangga di Surabaya, Jumat (17/1/2020).

Dijelaskan, Kidzania Go menyulap aula sekolah menjadi establishment, lengkap dengan fasilitas alat peraga dan seragam. Establishment adalah sebutan untuk area replika profesi atau industri tertentu di Kidzania. Misalnya, establishment pemadam kebakaran, establishment aviation academy dan lainnya.

Sekolah pertama yang kedatangan Kidzania Go adalah Surabaya Grammar School. Kidzania Go memboyong empat establishment di sekolah yang terletak di Surabaya Barat ini. Lebih dari 200 siswa kelas 1 dan 2 bisa mencicipi bermain peran layaknya profesional di masing-masing establishment.

Seperti establishment alat tulis yang mengajak anak-anak berkreasi dengan warna melalui aktivitas mewarnai (coloring). Lalu, pengalaman menjadi tenaga medis juga bisa didapat di establishment medis yang mengusung konsep pertolongan pertama (first aid). "Kami juga membawa kostum dan peralatan medis untuk anak-anak. Bahkan, ada tandunya juga,” terang Prangga.

Di establishment pusat perbelanjaan, anak-anak akan melakoni pekerjaan yang ada di convenience store. Salah satunya adalah store merchandiser, yakni penata visual di rak-rak belanja. Tak kalah seru akan ada pabrik mini di establishment pabrik biskuit.

"Disini anak-anak diajak membuat biskuit sejak bentuk adonan hingga mengemasnya. Bisa membayangkan betapa serunya mereka bermain,” papar Prangga.

Prangga menambahkan, Kidzania didesain sebagai taman bermain yang menggabungkan unsur hiburan dan pendidikan. Setiap kegiatan yang ada di establishment dirancang khusus agar anak-anak belajar tentang sesuatu. Mulai pengembangan motorik, keterampilan yang diperoleh hingga nilai-nilai yang ditanamkan.

"Setelah Surabaya Grammar School, Kidzania Go juga akan mengunjungi beberapa sekolah lagi di Surabaya," tandas Prangga.

Sebagai informasi, Kidzania Surabaya merupakan wahana hiburan dan pendidikan untuk anak-anak di kompleks Grand Sungkono Lagoon (GSL) Surabaya.

Proyek dengan investasi lebih dari Rp 70 miliar dan mengincar 500.000 pengunjung setiap tahun itu, merupakan buah kerja sama PT PP Properti Tbk dengan PT Aryan Indonesia di kompleks Grand Sungkono Lagoon (GSL) Surabaya



Sumber: BeritaSatu.com