ICA Usulkan 25 Januari Jadi Hari Chef Nasional

ICA Usulkan 25 Januari Jadi Hari Chef Nasional
Perayaan HUT ke-13 Indonesian Chef Association (ICA) di kawasan Kota Tua Jakarta, Sabtu (25/1/2020). ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Sabtu, 25 Januari 2020 | 18:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesian Chef Association (ICA) menggelar berbagai acara serentak di pelosok Indonesia, dalam memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-13 ICA. Selain itu, ICA juga mengusulkan kepada pemerintah untuk menjadikan 25 Januari sebagai Hari Chef Nasional.

Presiden ICA, Henry Alexie Bloem, mengatakan, Hari Chef Nasional sudah seharusnya diperingati bersamaan dengan hari kelahiran ICA.

"ICA bersama dengan lebih dari 4.000 anggotanya selama ini merupakan salah satu garda terdepan yang berjuang untuk membumikan kuliner Indonesia, baik di dalam negeri maupun luar negeri,” ujar Henry Alexie Bloem, kepada Beritasatu.com, di kawasan Kota Tua Jakarta, Sabtu (25/1/2020).

Menurut Bloem, ICA sendiri memiliki tujuan utama mengangkat harkat dan pengakuan atas profesi chef, sekaligus menjaga pelestarian kuliner Indonesia.

"Seluruh chef yang tergabung di ICA berkomitmen untuk memperkenalkan kuliner Indonesia ke dunia Internasional. Apalagi, komitmen untuk untuk menyatukan chef yang berasal dari daerah dan asosiasi yang berbeda sangat tidak mudah. Namun, kami berhasil mewujudkannya,” kata Bloem.

Menurut Bloem, saat ini chef Indonesia sudah banyak dikenal masyarakat. Hal itu masih ditambah dengan berbagai program kuliner telah hadir di media massa baik di televisi, media online hingga kanal Youtube, yang membuat wajah-wajah para chef Indonesia selalu muncul.

"Dari segi profesi, mereka sekarang sudah banyak yang mampu bersaing dan sejajar dengan chef dari luar negeri, baik di Indonesia sendiri maupun di mancanegara,” imbuh Bloem.

Bloem menambahkan, chef Indonesia sudah banyak bekerja secara profesional di hotel-hotel dan restoran terbaik di luar negeri. Bahkan, beberapa ambassador ICA di luar negeri sudah mampu menjadi pemilik restoran fine dinning di New York, Amerika Serikat (AS), yaitu Chef Yono.

"Chef selama ini telah memberikan kontribusi aktif dan nyata kepada negara ini. Pasalnya, mereka selain berprofesi sebagai chef mereka juga berperan sebagai public relations untuk mengenalkan ragam kcita rasa uliner Indonesia di mancanegara," tandas Bloem.



Sumber: BeritaSatu.com