Indonesia Berpeluang Jadi Raksasa Industri Kopi Dunia

Indonesia Berpeluang Jadi Raksasa Industri Kopi Dunia
Biji kopi. (Foto: ANTARA FOTO / Ahmad Subaidi)
Lona Olavia / FER Jumat, 21 Februari 2020 | 20:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia dinilai berpeluang besar menjadi raksasa industri kopi dunia. Pasalnya, jumlah gerai kopi mencapai 3.000 outlet atau tumbuh tiga kali lipat dalam tiga tahun terakhir.

Baca Juga: Nilai Pasar Kedai Kopi di Indonesia Capai Rp 4,8 Triliun

Berbekal pengalaman di industri kopi selama 13 tahun, Toffin Indonesia bekerja sama dengan Cikopi mengadakan BrewFest 2020 yaitu event urban coffee & tea festival yang menggabungkan tiga platform yakni konferensi, pameran, dan apresiasi.

Ajang BrewFest 2020 sendiri rencananya akan digelar pada 21-23 Februari 2020 di Atrium Senayan City, Jakarta Pusat. Acara ini dikemas dalam tiga konsep yakni talk, play, show.

Head of Marketing Toffin Indonesia, Ario Fajar menuturkan, BrewFest 2020 mengangkat kopi dan teh sebagai isu utama yang mencakup bisnis (komersial), karier atau profesi hobi, inovasi dan pengembangan, tren serta gaya hidup.

"BrewFest mempertemukan para pelaku bisnis, ahi, asosiasi, pemilik merek hingga pemain baru untuk kumpul, bertukar informasi, dan membicarakan isu yang sedang berkembang," ujar Aryo di Jakarta, JUmat (21/2/2020).

Baca Juga: Raline Shah Buka Kedai Kopi

Brewfest menghadirkan 50 pembicara, 20 penampil yang terdiri dari coffee and tea master serta 20 merek kedai kopi yang tergabung sebagai tenant. "Brewfest 2020 sendiri menargetkan 1.500 partisipan dan 7.500 pengunjung," jelas Aryo.

Selain kopi, BrewFest 2020 juga mengangkat teh sebagai salah satu konten acaranya.

Founder of Indonesia Tea Institute, Ratna Somantri, menambahkan, teh Indonesia membutuhkan banyak dukungan agar industrinya bisa terus berkembang.

"Perlu upaya promosi yang terus menerus agar teh Indonesia bisa mendapat tempat di negeri sendiri. Serta, upaya kreatif dan inovatif untuk membuat teh Indonesia menarik bagi generasi milenial," kata Ratna.



Sumber: BeritaSatu.com