Inovasi Segelas Bubble Drink yang Ramah Lingkungan

Inovasi Segelas Bubble Drink yang Ramah Lingkungan
Minuman kekinian Buba Soul menggunakan kemasan ramah lingkungan sekaligus mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Hal ini menjadikan Buba Soul sebagai pioneer dalam menggerakan industri bubble drink yang bertanggung jawab untuk kesehatan dan lingkungan. (Foto: SP/Dina Fitri Anisa)
Dina Fitri Anisa / EAS Minggu, 1 Maret 2020 | 18:42 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Siapa yang tidak mengenal bubble drink? Minuman dengan topping bola-bola kenyal atau biasa disebut boba ini sedang tenar di kalangan anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Kini, ada inovasi baru lagi untuk menikmati boba, yakni mengedepankan kesehatan dan ramah lingkungan. 

Berdasarkan penelitian dan pengamatan, kalori dalam segelas bubble drink bisa mencapai 600-800 kalori, akibat tingginya gula, lemak, dan juga mengandung bahan-bahan tambahan yang tidak alami. Sementara dampak lingkungan dari industri bubble drink juga amat mengkhawatirkan karena banyak limbah plastik dari kemasan yang digunakan.

Melihat hal ini, dua kakak beradik Dewi Rotua Silalahi dan Isabella Silalahi membangun sebuah perusahaan startup yang bergerak di bidang F&B, dinamakan PT Buba Prima Svastarini. Dalam usahanya ini mereka berinisiatif membuat gebrakan baru dengan memproduksi bubble drink yang bertanggung jawab dari segi nutrisi dan lingkungan.

Melalui berbagai penelitian dan eksperimen, PT Buba Prima Svastarini meluncurkan bubble drink yang mendukung gaya hidup sehat dengan merek Buba Soul dan membuka gerai pertamanya di FX Sudirman, Jakarta.

"Sangat berbeda dengan bubble drink lainnya, Buba Soul memakai bahan alami dan rempah-rempah dari berbagai daerah di Indonesia seperti teh, kopi, cokelat, kunyit, temulawak, jahe, kayu manis, dan sereh yang diracik menjadi minuman kekinian dengan rasa enak," terang Dewi saat pembukaan outlet Buba Soul, di FX Sudirman beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, minuman ini memiliki kalori relatif rendah yaitu sekitar 100-300 kalori, karena memakai pemanis alami seperti gula aren dan madu organik.

"Melalui Buba Soul, kami berkomitmen mendukung petani lokal dan mengembalikan kejayaan rempah-rempah asli Indonesia. Harapannya, meningkatkan daya saing hasil pertanian atau perkebunan dengan mengubah komoditas menjadi produk gaya hidup yang memiliki nilai tambah," ungkapnya.

Selain itu, Buba Soul juga menggunakan kemasan yang ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Dengan penggunaan bahan-bahan alami berkualitas tinggi, minuman Buba Soul dipastikan aman untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia dengan harga mulai dari Rp 25.000–Rp 45.000 per gelas. 



Sumber: BeritaSatu.com