Seni Baru Menikmati Kopi Keliling Modern

Seni Baru Menikmati Kopi Keliling Modern
Pemilik Jago Coffee, Joshua Tanu (kiri) tengah berpose di atas sepeda bertuliskan Jago Cart. ( Foto: SP/Dina Fitri Anisa )
Dina Fitri Anisa / EAS Sabtu, 7 Maret 2020 | 14:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia adalah negara produsen kopi terbesar di dunia. Tak heran jika di Indonesia semakin banyak bisnis kopi bermunculan. Hal tersebut dibuktikan dari peningkatan kehadiran bisnis kopi sejak tiga tahun terakhir, mulai dari kedai kopi hingga pedagang kopi keliling.

Melihat tren kopi kekinian, pengusaha muda Yoshua Tanu menangkap peluang untuk membuat usaha rintisan atau startup, Jago Coffee. Berbeda dari usaha kopi biasa, Jago Coffee memiliki konsep kopi keliling zaman now.

Yoshua memilih untuk memanfaatkan sepeda listrik buatan anak negeri sebagai moda utamanya. Sepeda listrik tersebut kemudian dimodifikasi sedemikian rupa hingga memiliki fasilitas layaknya kedai kopi portabel yang ramah lingkungan dan juga hemat.

"Saya telah menjadi seorang barista sejak 10 tahun lalu. Jadi tahu, keinginan terbesar seorang barista pasti memiliki kafe kopi sendiri. Namun, untuk membangun sebuah kedai kopi itu mahal sekali. Jadi saya pikir, harus ada platform yang mudah agar banyak orang bisa memulai usaha untuk berjualan kopi ," jelasnya saat dijumpai Beritasatu.com di kawasan Jakarta Selatan, belum lama ini.

Meskipun berjualan menggunakan sepeda, Yoshua menjanjikan seni menyeruput kopi yang tak kalah nikmat dibanding kedai kopi kekinian di Jakarta.

Bila biasanya kopi keliling yang ada sekarang hanya menawarkan harga murah, karena yang dijual adalah kopi dalam kemasan plastik, tetapi produk Jago Coffee lebih menawarkan kualitas kopi yang baik.

"Jago menggunakan 100% kopi Arabica yang dikirim langsung dari petani kopi terpilih. Mengingat Indonesia sangat kaya akan keberagaman kopinya, mulai dari kopi Toraja, Papua, Bali, dan masih banyak lagi. Untuk itu, tiap beberapa hari sekali kami akan mengganti bahan dasar kopinya, agar pembeli bisa merasakan nikmatnya kopi Indonesia," tuturnya.

Disamping kopi, Jago juga menggunakan susu segar dan fresh cream, serta organk coconut brown sugar, yang hanya mengandung 57 kalori per gelas. Hal tersebut membuat kopi Jago menjadi sangat higenis.

Saat ini tersedia dua macam kopi di Jago Coffee. Ada kopi freshly brewed dan ready to drink dengan varian kopi susu atau So Good dan es kopi hitam yang diberi nama Tanah Airku. Dengan menawarkan kualitas terbaik, harga Jago Coffee pun lebih mahal dari kopi keliling pada umumnya, yaitu Rp 18.000.



Sumber: BeritaSatu.com