Di Tengah Isu Virus Corona, Promosi Wisata Indonesia di Moskwa Terus Berjalan

Di Tengah Isu Virus Corona, Promosi Wisata Indonesia di Moskwa Terus Berjalan
Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarusia, M Wahid Supriyadi memberikan sambutan mengenai potensi pariwisata Indonesia bagi wisatawan Rusia pada acara "Destination Gathering" dengan para operator tur Rusia di Moskwa, Rusia, Kamis, 12 Maret 2020. ( Foto: Istimewa/Coconuts.co / KBRI Moskwa )
Asni Ovier / AO Jumat, 13 Maret 2020 | 07:41 WIB

Moskwa, Beritasatu.com - Rusia menjadi salah satu tumpuan bagi industri wisata Indonesia. Hal ini tercermin dari pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia yang mencapai angka tertinggi dibandingkan pelancong Eropa lainnya sepanjang 2019.

Terhitung sejak penyelenggaraan Festival Indonesia di Moskwa pertama pada 2016, kenaikan jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia hampir mencapai 100%. Jumlah wisatawan Rusia yang mengunjungi Indonesia pada 2019 naik 26,42% menjadi 158.943 orang dibandingkan 2018 yakni 125.728 orang.

Secara keseluruhan, pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia naik ke peringkat ke-3, setelah Uni Emirat Arab (27,68%) dan Vietnam (26,65%). Mengingat sekitar 90% tujuan wisatawan Rusia adalah Bali, KBRI Moskwa menggandeng berbagai pihak, seperti maskapai penerbangan dan para operator tur untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia di luar Bali.

Hal tersebut disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarusia, M Wahid Supriyadi dalam acara  "Destination Gathering" yang diselenggarakan atas kerja sama KBRI Moskwa dan Singapore Airlines di Wisma Duta KBRI Moskwa, Rusia, Kamis (12/3/2020). Acara itu dihadiri 28 orang pimpinan operator tur di Rusia.

Untuk menambah wawasan para operator tur tentang destinasi wisata Indonesia selain Bali, Edi Suharto, Minister Counsellor KBRI Moskwa, menjelaskan tentang lima  tujuan wisata yang dapat menjadi opsi lain bagi turis Rusia apabila berkunjung ke Indonesia. Destinasi tersebut telah memiliki infrastruktur yang memadai atau yang dikenal destinasi dengan triple A (accessibility, attraction, amenities), yakni Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Pantai Likupang, dan Mandalika.

General Manager Singapore Airlines Rusia, Biren Poh dalam sambutannya menyampaikan bahwa selain telah memfasilitasi penerbangan Moskwa-Denpasar, pihaknya juga akan mendukung KBRI Moskwa untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di Rusia. Singapore Airlines akan memfasilitasi penerbangan familiarization trip bagi sejumlah operator tur Rusia untuk berkunjung ke Indonesia pada 2020.

“Kegiatan destination gathering semacam ini sangat menarik dan bermanfaat bagi operator tur, seperti kami, untuk merancang paket wisata, terutama ke Indonesia. Terkait merebaknya Covid-19, meskipun ada beberapa klien kami yang membatalkan kunjungan ke Indonesia, jumlahnya tidak terlalu banyak,” ujar Nadia Sartova, peserta dari Quintatour.

Gathering dibuka dengan penampilan Tari Soyong dan diakhiri dengan santapan kudapan khas Indonesia. Melengkapi promosi tentang Indonesia, para peserta juga memperoleh kenang-kenangan berupa produk Indonesia yang telah memasuki pasar Rusia, yakni Indomie Goreng cup dan Kopi Torabika Capuccino.

Destination Gathering ini merupakan salah satu upaya KBRI Moskwa untuk mendorong peningkatan wisatawan Rusia ke Indonesia bahkan di tengah isu Covid-19 seperti sekarang. KBRI Moskwa juga rutin menyelenggarakan program kegiatan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata berupa sales mission, joint promotion programme, partisipasi pada pameran pariwisata, familiarization trip serta penyelenggaraan Festival Indonesia.



Sumber: BeritaSatu.com