Begini Cara Indohaircut Bantu Tenaga Medis Covid-19

Begini Cara Indohaircut Bantu Tenaga Medis Covid-19
Melalui gerakan #BorongAPD4Nakes, Indohaircut menggelontorkan dana sebesar Rp 100 juta untuk memborong APD (Alat Pelindung Diri) dari para Penimbun dan memberikannya secara gratis ke 4 Rumah Sakit dan lebih dari 100 Puskesmas. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Rabu, 8 April 2020 | 20:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Demi memerangi pandemi virus corona jenis baru atau Covid-19 di Indonesia, sejumlah pihak melakukan aksi solidaritas untuk mendukung tenaga medis.

Baca: FRJ Salurkan Bantuan di Depok dan Bogor

Salah satunya, upaya yang dilakukan oleh tim Indohaircut yang menggelar gerakan sosial #BorongAPD4Nakes untuk membantu tenaga medis yang menangani pasien corona.

CEO Indohaircut, Ammar Mandili mengatakan, Indohaircut menggelontorkan dana sebesar Rp 100 juta dari operasional untuk memborong alat pelindung diri (APD) dari para penimbun dan memberikannya secara gratis kepada 4 rumah sakit umum daerah (RSUD) dan 100 puskesmas.

"Untuk dananya, kami dapatkan dari biaya operasional sendiri dan bukan dari hasil menggalang donasi dari followers," ujar Ammar Mandili dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, di Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Baca: Siswa SMK di Jateng Produksi APD dan Masker

Ammar mengatakan, dana tersebut akan dibelanjakan untuk membeli 400 hazmat suit atau yang biasa disebut dengan APD, 600 liter disinfektan, 4.000 botol hand sanitizer, 10.000 buah sarung tangan, 2.500 masker dan 220 kacamata pelindung. "Seluruhnya akan diberikan kepada 4 RSUD dan 100 puskesmas yang membutuhkan,” jelasnya.

Menurut Ammar, kurangnya sarana dan prasarana untuk keamanan tenaga medis, serta banyaknya penimbun keperluan medis, merupakan salah satu hal menyedihkan yang terjadi saat ini.

"Bayangkan, apabila tenaga medis yang menolong korban pandemi corona ikut terpapar maka siapa yang akan menolong? Bahkan, di tempat tinggalnya mereka banyak dikucilkan karena alasan menjadi carrier atau menularkan virus corona,” kata Ammar.

Baca Juga: AHY Ajak Masyarakat Doakan Tenaga Medis

Ammar menambahkan, segenap tim Indohaircut berharap langkah kecil yang mereka lakukan bisa menjadi estafet bagi pihak lain, untuk ikut serta memberikan donasi dan bantuan bagi tenaga medis yang menangani pandemi corona.

"Kami berharap, semakin banyak pihak yang ikut memberikan donasi, untuk membantu sesama warga bangsa dalam menghadapi wabah virus corona," pungkas Ammar.



Sumber: BeritaSatu.com