Industri Kecantikan Bisa Tumbuh di Masa Pandemi Lewat E-Commerce

Industri Kecantikan Bisa Tumbuh di Masa Pandemi Lewat E-Commerce
Produk-produk kecantikan. ( Foto: istimewa )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Rabu, 20 Mei 2020 | 17:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pandemi virus corona (Covid-19) telah memusingkan banyak pelaku usaha di seluruh dunia. Berbagai bidang terkena dampaknya, mulai dari industri pariwisata, retail, work space, hingga olahraga pun tiarap. Para pelaku bisnis dituntut pintar-pintar mencari peluang agar bisa bertahan. Memaksimalkan jualan online bisa menjadi salah satu solusi. Seperti yang dilakukan pengusaha muda di bidang kecantikan dari indonesia, Irene Ursula.

Irene telah berkecimpung selama 6 tahun di bisnis kecantikan, Beauty Haul dan berhasil merilis brand beauty lokal terbaru tahun lalu bernama: Somethinc, yang mendapatkan penghargaan Best New comer Brand 2019. Kekuatan industri tumbuh secara organik nyatanya mampu membuatnya bertahan di tengah badai covid-19 dan tetap bisa memaksimalkan penjualan secara online.

"Sales kami lumayan stabil bahkan cenderung naik selama pandemi virus corona. Toko offline kami memang harus tutup, namun e-commerce beauty kami tetap berjalan. Salah satu tips adalah konsisten, dan selalu terhubung dengan pelanggan," ujar Irene, Rabu (20/5/2020).

Irene sendiri sudah memulai bisnis Beauty Haul sejak Desember 2014. Dalam waktu 6 tahun, bisnis yang digelutinya langsung melesat.

"Kami mengerjakan ini semua dengan passion, rasa senang dan kepuasan. Ini sebetulnya tidak hanya berlaku untuk bidang beauty saja, tapi usaha di bidang lain pun sama kurasa," tutur Irene.

Irene berharap pandemi virus corona Covid-19 dapat segera berakhir.  Beauty Haul memiliki rencana ekspansi setelah pandemi berakhir, salah satunya mendatangkan merek-merek baru yang telah lolos kurasi yakni GRWM beauty, simplistic, isntree, & Cell-T.

"Pekerjaan rumah kami masih banyak. Salah satunya, masih banyak pelanggan yang belum teredukasi dengan baik. Seperti mudah termakan iklan yg menampilkan sisi ketidak realistisan. Jadi tugas kita sebagai e-commerce gak cuma soal uang, tapi juga edukasi yang benar," lanjut Irene.

Beauty Haul Indonesia sejauh ini memiliki tiga brand unggulannya, yakni Somethinc, Skin1004, Firts Lab Prbiotic. Tiga brand ini juga yang sukses membuat antrean mengular saat JakartaXBeauty 2019 , SurabayaXBeauty2019 dan setiap pameran beauty exhibition yang mereka ikuti dimanapun.

"Kurasi kami tidak berfokus soal dana dan margin, tapi sangat strict terhadap keseriusan brand dan kualitasnya. Kami tidak akan pernah mengorbankan kepercayaan dari pelanggan loyal kami hanya untuk keuntungan semata."



Sumber: BeritaSatu.com