Wisata Alam, Pilihan Utama Liburan Pascapandemi Covid-19

Wisata Alam, Pilihan Utama Liburan Pascapandemi Covid-19
Taman Wisata Alam Kawah Ijen menyandang status sebagai cagar biosfer dunia. (Foto: Istimewa)
Dina Fitri Anisa / EAS Rabu, 10 Juni 2020 | 21:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pandemi Covid-19 memberikan tantangan berat di sektor pariwisata yang belum pernah dialami sebelumnya. Setelah sekian lama masyarakat terisolasi, dorongan untuk berlibur bisa jadi tidak terbendung lagi. Para agen perjalanan pun meramalkan, wisata alam akan jadi pilihan utama masyarakat untuk berlibur.

"Pada tahap awal recovery ini, kejenuhan akibat di rumah saja akan mendorong orang jalan-jalan keluar rumah untuk sekadar menikmati udara segar dan keindahan alam,” jelas General Manager Business Strategy Management HIS Travel Indonesia, Duma Asianna seperti keterangan tertulis yang diterima Suara Pembaruan, Rabu (10/6/2020).

Duma mengatakan, wisata alam sudah pasti menjadi pilihan pertama karena alam memberikan manfaat yang besar dengan risiko rendah terhadap kesehatan. Disamping itu berlibur di alam juga bisa memberikan keleluasaan untuk menjaga jarak fisik dengan wisatawan lain.

“Wisata alam akan lebih menyenangkan jika diimbangi dengan aktivitas yang membangun kebugaran tubuh seperti yoga, hiking, dan menikmati agrowisata. Namun demikian, wisata alam yang dipilih masyarakat tetap mempertimbangkan faktor jarak dari rumah,” ungkapnya.

Nantinya, wisatawan lebih dahulu memilih liburan dengan jarak dekat di kawasan yang tidak jauh dari tempat tinggalnya atau sering disebut staycation. Masyarakat akan memilih jalan ke pantai, puncak atau pegunungan secara road trip, mengendarai mobil.

"Berkendara dengan mobil pribadi untuk berlibur bersama keluarga akan dianggap lebih nyaman. Menggunakan transportasi umum masih dianggap terlalu berisiko terhadap kesehatan, sehingga pilihan utamanya adalah dengan mobil pribadi,” terang Duma.

Meski pandangan umum mengatakan berlibur road trip memerlukan tenaga dan waktu lebih banyak, namun banyak hal menyenangkan yang bisa didapatkan. Sebut saja quality time bersama orang terdekat selama perjalanan, bebas berhenti kapan saja di mana saja bahkan melihat-lihat tempat baru hingga kuliner lokal yang sayang jika dilewatkan.

"Tidak mustahil, masyarakat ingin berlibur hanya dengan stay di hotel di akhir pekan karena kerinduan menikmati layanan tinggal di hotel. Menyadari hal tersebut, saat ini HIS telah menyediakan berbagai paket tur domestik. Paket tur domestik ini akan kami jalankan dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19,” pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com