Logo BeritaSatu

Adaptasi New Normal, Wisata Alam Kembali Dibuka

Senin, 22 Juni 2020 | 22:56 WIB
Oleh : Ari Supriyanti Rikin / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Kawasan pariwisata alam berbasis ekosistem dan konservasi dengan tingkat risiko Covid-19 paling ringan, rencananya segera dibuka secara bertahap.

Kawasan pariwisata alam tersebut terdiri dari kawasan wisata bahari, konservasi wisata perairan, wisata petualangan, taman nasional, taman wisata alam, taman hutan raya, suaka margasatwa, geopark, kawasan pariwisata alam non kawasan konservasi antara lain kebun raya, kebun binatang, Taman Safari, desa wisata dan kawasan wisata alam yang dikelola oleh masyarakat.

Pembukaan kawasan wisata alam, menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) yang secara resmi telah mengesahkan protokol kesehatan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) yang disusun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama para pemangku kepentingan dan kementerian terkait.

Protokol kesehatan sektor parekraf disahkan melalui KMK Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Protokol kesehatan secara resmi dirilis oleh Kementerian Kesehatan sehingga menjadi acuan bersama dan tidak ada kementerian/lembaga yang mengeluarkannya secara mandiri melainkan terkoordinasi,” kata Wishnutama dilansir dari siaran pers, Senin (22/6/2020).

Kemenparekraf juga telah menyiapkan panduan teknis baik dalam bentuk video ataupun handbook yang mengacu kepada standar global. Handbook ini merupakan turunan yang lebih detail dari protokol yang baru saja ditandatangani Kemenkes sehingga akan mudah bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk melaksanakan kegiatannya.

Menparekraf juga mencontohkan, Bali dan Banyuwangi sudah mempersiapkan protokol kesehatan sangat baik dan banyak daerah lain yang juga menyiapkan.

Adaptasi <i>New Normal</i>, Wisata Alam Kembali Dibuka

"Hal ini sangat penting karena pariwisata adalah bisnis yang sangat bergantung pada kepercayaan wisatawan domestik maupun internasional. Gaining trust atau confidence adalah kunci dalam percepatan pemulihan, jadi harus sangat diperhatikan dan diimplementasikan,” kata dia.

Ditambahkan Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf R. Kurleni Ukar, protokol kesehatan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif disusun berlandaskan atas tiga isu utama, yakni kebersihan, kesehatan, dan keamanan.

KMK tersebut di antaranya mengatur protokol untuk hotel/penginapan/homestay/ asrama dan sejenisnya, rumah makan/restoran dan sejenisnya, lokasi daya tarik wisata, moda transportasi, jasa ekonomi kreatif, jasa penyelenggara event/pertemuan, serta tempat dan fasilitas umum lainnya yang terkait erat dengan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selanjutnya, protokol dapat digunakan sebagai acuan bagi seluruh pihak, yakni kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota, dan masyarakat. Termasuk asosiasi, pengelola, pemilik, pekerja, dan pengunjung pada tempat dan fasilitas umum.

Kehadiran protokol kesehatan ini diharapkan dapat mendukung rencana pembukaan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif secara bertahap sehingga dapat menggerakkan kembali usaha pariwisata dan ekonomi kreatif, sektor yang paling terdampak dari pandemi Covid-19.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Beda dengan Hillary, Fadli Zon Justru Terhibur Di-roasting Mamat Alkatiri

Fadli Zon merespons langkah rekannya di parlemen Hillary Brigitta Lasut yang melaporkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tokoh Pemuda Papua Imbau Pendukung Lukas Enembe Hormati Proses Hukum

Tokoh pemuda Papua, Ferdinand Tuamis berharap agar kelompok pendukung Gubernur Papua, Lukas Enembe agar menghormati proses hukum di KPK.

NEWS | 5 Oktober 2022

Selain Pidana, Hillary Lasut Pertimbangkan Gugat Mamat Alkatiri Secara Perdata

Tak hanya pidana, anggota Komisi I DPR dari Fraksi Nasdem Hillary Lasut mempertimbangkan menggugat komika Mamat Alkatiri secara perdata.

NEWS | 5 Oktober 2022

Wajah Tersangka Pembunuhan Brigadir J Diperlihatkan Kecuali FS dan PC

Wajah tersangka pembunuhan Brigadir J diperlihatkan kepada publik di Kantor Jampidum Kejagung, Jakarta, pada Rabu (5/10/2022) siang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tim KPK Telah Sita Dokumen Terkait Kasus Garuda Indonesia

Tim dari KPK telah menyita berbagai dokumen terkait kasus dugaan suap pengadaan armada pesawat Airbus pada PT Garuda Indonesia (Persero).

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Resmikan Revitalisasi Fasilitas Bandara Halim Perdanakusuma

Presiden Jokowi meresmikan revitalisasi fasilitas Pangkalan TNI AU atau Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2022).

NEWS | 5 Oktober 2022

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 Sudah Dibuka, Ayo Daftar Segera

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 46 sudah dibuka pada Selasa 4 Oktober 2022, ayo segera mendaftar sebelum ditutup.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kejagung Punya Strategi Lindungi Jaksa Selama Sidang Ferdy sambo

Kejagung mengaku memiliki strategi khusus untuk melindungi jaksa yang menangani sidang perkara Ferdy Sambo dan kawan-kawan terkait perkara Brigadir J.

NEWS | 5 Oktober 2022

Ini yang Akan Digali dalam Pemeriksaan Kasus KDRT Rizky Billar

Proses penyidikan kasus KDRT Rizky Billar terus berlanjut, polisi telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap dirinya pada Kamis, (6/10/2022).

NEWS | 5 Oktober 2022

Bharada E Dkk Kembali Ditahan di Rutan Bareskrim Polri

Bharada E dua tersangka lainnya dalam kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir  Brigadir J kembali ditahan di rutan Bareskrim Polri.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Beda dengan Hillary, Fadli Zon Justru Terhibur Di-<em>roasting</em> Mamat Alkatiri

Beda dengan Hillary, Fadli Zon Justru Terhibur Di-roasting Mamat Alkatiri

NEWS | 16 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings