5 Manfaat Teknologi Deep Pressure Stimulation pada Selimut

5 Manfaat Teknologi Deep Pressure Stimulation pada Selimut
Teknologi deep pressure stimulation pada selimut dapat meningkatkan kualitas tidur (Foto: ist / ist)
Mardiana Makmun / MAR Kamis, 9 Juli 2020 | 16:20 WIB

JAKARTA, Beritasatu.com – Di tengah pandemi Covid-19, selain nutrisi, tidur yang cukup merupakan kunci penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari infeksi virus SARS-Cov-2 penyebab penyakit Covid-19.

Seperti diketahui, ketika tidur, sel-sel tubuh melakukan regerasi untuk menggantikan sel yang rusak. Karena itu, sangat penting untuk bisa tidur dalam waktu yang cukup dan nyenyak. Salah satu upaya untuk mendapatkan tidur dengan kualitas baik dan nyenyak adalah penggunaan selimut.

Raymond yang berinovasi menciptakan selimut berat mengatakan, selimut berat yang terbuat dari 100% katun dan bambu, memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. “Selimut berat ini juga cocok digunakan di negara beriklim tropis seperti Indonesia karena hangat namun tidak panas,” kata Raymond, pencipta selimut berat Arter Blanket, dalam keterangan pers.

Selain itu, lanjut Raymond, selimut berat yang menggunakan teknologi deep pressure stimulation, dapat memberikan sensasi pelukan dan tekanan lembut secara merata ke seluruh tubuh. Terbukti secara ilmiah, tekanan ini meningkatkan hormon rileks dan senang, yaitu oksitosin dan serotonin, dan mengurangi hormon stres kortisol.
Berikut lima manfaat selimut berat bagi tubuh:

1. Memberikan efek menenangkan
Pada umumnya setiap orang akan merasa lebih tenang dengan adanya kehadiran orang lain di dekat kita. Interaksi fisik seperti pelukan atau genggaman membuat kita merasa lebih aman dan tenang. Deep touch pressure stimulation merupakan salah satu jenis sensorik utama yang menenangkan dan mengatur sistem saraf sensor kita.

Hal ini mungkin terjadi karena adanya sentuhan halus (Tencel Bamboo Outer Duvet) dan tekanan lembut (Cotton Inner Blanket) untuk memaksimalkan teknologi Deep Pressure Stimulation. Tekanan dari selimut berat akan membuat pemakai selimut berat merasa rileks dan tenang.

2. Terasa seperti sedang dipeluk
Selimut berat membuat kita merasa seperti sedang dipeluk tanpa harus berpelukan atau berdekatan dengan orang lain.

3. Mengurangi rasa stress dan cemas
Setelah seharian bekerja atau terkadang ada hari dimana kita merasa gelisah atau cemas saja, berbaring atau duduk dengan menaruh selimut berat di sekeliling tubuh kita sambil baca buku atau nonton dapat membantu kita untuk merasa lebih santai dan tenang. Rasa stres dan cemas berkurang, hati pun terasa lebih damai.

4. Meningkatkan kualitas tidur
Orang yang punya kesulitan tidur atau yang sering terbangun dan susah untuk tidur lagi, kebanyakan merasakan efek positif setelah tidur dengan menggunakan selimut berat.

5. Meningkatkan kesehatan secara menyeluruh
Tidur yang cukup dan berkualitas membantu otak untuk bekerja dengan baik. Saat tidur, otak kita beristirahat dan bersiap untuk hari berikutnya. Studi menunjukkan bahwa tidur nyenyak meningkatkan kemampuan kita dalam belajar dan mengingat informasi. Banyak ahli berpendapat bahwa tidur yang berkualitas sangat penting untuk kesehatan layaknya nutrisi dan olahraga yang baik.



Sumber: BeritaSatu.com