Logo BeritaSatu

Yogyakarta Mulai Uji Coba Wisata Aman

Minggu, 26 Juli 2020 | 22:34 WIB
Oleh : Dina Manafe / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Industri pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling parah terdampak pada masa pandemi Covid-19. Hampir di seluruh wilayah Tanah Air, kunjungan wisatawan di industri pariwisata menurun drastis, tak terkecuali daerah tujuan wisata budaya dan sejarah seperti Yogyakarta. Menanggapi kondisi tersebut saat ini pemerintah melakukan uji coba wisata aman untuk adaptasi kebiasaan baru.

Uji coba adaptasi dilakukan di Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, memasuki periode ke tiga masa tanggap darurat. Secara bertahap DI Yogyakarta melakukan upaya untuk mendorong pariwisata kembali tumbuh.

Biwara Yuswantana selaku Ketua Satuan Tugas Daerah Istimewa Yogyakarta menegaskan, pihaknya tidak lantas terburu-buru membuka pariwisata tanpa kalkulasi dan persiapan yang matang. Ia menjaga jangan sampai kemudian terjadi penyebaran Covid-19 gelombang kedua.

Tahap awal dilakukan uji coba dan melakukan berbagai simulasi guna memastikan kesiapan lokasi-lokasi wisata termasuk hotel, rumah makan, tempat perbelanjaan dan sarana pendukung lainnya.

Terdapat tim verifikasi dan bidang penegakan hukum yang bertugas untuk menilai sejauh mana kesiapan perangkat-perangkat pendukung khususnya dalam hal penerapan protokol kesehatan. Tim melakukan verifikasi ke hotel-hotel, dan objek-objek wisata lain untuk menilai serta mengevaluasi sejauh mana kesiapan mereka.

"Kita masih fase uji coba untuk wisata. Kami juga lakukan semacam supervisi ketika simulasi di Candi Borobudur dan Prambanan sudah mulai uji coba membuka, tetapi masih 50% dari kapasitas,” kata Biwara pada dialog “Sapa Daerah : Ke Jogja Ku Kembali” di Media Center Satgas Penanganan Covid-19, Jakarta, Minggu (26/7/2020).

Menurut Biwara, setelah uji coba akan ada evaluasi untuk memutuskan apakah wisata tersebut terus dibuka atau justru perlu diberlakukan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Termasuk pada hotel-hotel, rumah makan atau restoran, dan objek wisata lain. Termasuk memastikan dari aspek transportasi juga harus siap menerapkan protokol kesehatan.

Lebih lanjut Biwara menjelaskan, edukasi dan sosialisasi pada masyarakat khususnya pelaku usaha di sektor pariwisata gencar dilakukan. Dengan memanfaatkan media luar ruang, media televisi dan media sosial, pemerintah daerah berupaya agar masyarakat sudah dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru saat nanti industri pariwisata mulai beroperasi kembali.

Pemerintah Yogyakarta juga mengembangkan aplikasi Jogja Pass. Aplikasi ini dapat memantau dan mendata wisatawan yang masuk ke lokasi wisata secara sistematis dan menyesuaikan dengan kapasitas lokasi wisata yang ingin dikunjungi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Kabag Ops dan Kasat Samapta Polres Malang Belum Dicopot

Dua polisi tersangka tragedi Kanjuruhan belum dicopot dari jabatannya karena masih menunggu pemeriksaan minggu depan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Besok, Puan Maharani Temui Airlangga Hartarto di Monas

Puan Maharani akan bersilaturahmi dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Monumen Nasional (Monas), Jakarta. 

NEWS | 7 Oktober 2022

Jokowi Pilih Pj Gubernur Pengganti Anies dalam Waktu Singkat

Presiden Jokowi memutuskan Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies dalam kurun waktu tiga hari saja.

NEWS | 7 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Soroti Penggunaan Gas Air Mata

Presiden Jokowi memperhatikan penggunaan gas air mata yang dilakukan personel kepolisian saat terjadinya Tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Baim Wong Mengeklaim Spontan Buat Konten Prank KDRT

Baim Wong mengeklaim spontan membuat konten prank KDRT bersama istrinya Paula Verhoeven. Konten prank KDRT itu membuat Baim Wong diperiksa polisi.

NEWS | 7 Oktober 2022

2 Jam Diguyur Hujan, Kota Bekasi Dikepung Banjir

Hujan yang mengguyur Kota Bekasi dan sekitarnya selama dua jam tadi menyebabkan sejumlah ruas jalan dan perumahan di Kota Bekasi terendam banjir.

NEWS | 7 Oktober 2022

Diperiksa soal Prank KDRT, Baim Wong Dicecar 25 Pertanyaan

Baim Wong dicecar dengan 25 pertanyaan oleh penyidik Polres Jakarta Selatan saat diperiksa terkait prank KDRT yang dilakukannya bersama Paula Verhoeven.

NEWS | 7 Oktober 2022

Disdik Jabar Bantah Ada Diskriminasi di SMAN 2 Depok

Disdik Jabar membantah adanya diskriminasi terhadap pelajar beragama Kristen di SMAN 2 Depok.

NEWS | 7 Oktober 2022

Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspadai 7 Penyakit Menular

Masyarakat diminta mewaspadai dampak yang timbul dari musim hujan seperti munculnya beberapa penyakit menular.

NEWS | 7 Oktober 2022

Penerbangan Langsung Rute Toraja-Balikpapan Dibuka

Penerbangan langsung atau direct flight Toraja menuju Balikpapan, maupun dari Balikpapan ke Toraja mulai beroperasi, Jumat (7/10/2022).

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kampung Wisata dan Budidaya Lobster Dorong Kesejahteraan Nelayan

Kampung Wisata dan Budidaya Lobster Dorong Kesejahteraan Nelayan

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings