Logo BeritaSatu

Pelaku Industri Pariwisata Bersiap Sambut Wisnus

Selasa, 28 Juli 2020 | 07:55 WIB
Oleh : Elvira Anna Siahaan, Dina Fitri Anisa / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Pada masa adaptasi kebiasaan baru ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) rutin melakukan simulasi uji coba pembukaan objek wisata, desa wisata, rumah makan, guest house, dan hotel. Simulasi uji coba dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan demi menyambut wisatawan nusantara (wisnus) pada Agustus 2020, dan wisatawan mancanegara (wisman) pada September 2020.

Rencananya, daerah pariwisata percontohan yang diprediksi siap menerima wisnus adalah Bali dan Yogyakarta. Hal tersebut berkaca dari kesiapan Bali melayani wisatawan lokal (masyarakat Bali) sejak 9 Juli 2020 silam.

Kesiapan Bali menyambut wisnus juga diamini oleh Gilda Sagrado, perwakilan dari Sekretariat Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Bali. Saat dihubungi Suara Pembaruan, via telepon, Senin (27/7/2020), Gilda mengatakan Bali siap menyambut wisnus dengan protokol kesehatan yang ketat dan diskon khusus di hotel dan restoran.

"Kondisi di Bali sejauh ini masih terbantu dengan adanya ratusan wisatawan asing yang tidak bisa kembali ke negaranya di awal Maret 2020 lalu. Peran wisatawan lokal juga membantu menghidupkan roda ekonomi pariwisata di Bali,” kata Gilda.

Tercatat, sejak Januari-Maret jumlah wisman ke Bali menurun dratis. Bahkan lebih menohok lagi pada Mei 2020 yang hanya mendapat kunjungan 4 orang wisatawan ke Bali.

Akibat pandemi Covid-19, diakui Gilda membuat banyak pelaku pariwisata, khususnya hotel terpuruk sekaligus semakin kreatif. Demi mendapatkan pemasukan agar operasional hotel berjalan, sejak April hingga saat ini hotel memberikan diskon khusus untuk tamu. Semisal untuk bisa berenang dan makan di hotel berbintang hanya perlu mengeluarkan Rp 200.000 saja.

"Kami di sini putar otak agar roda ekonomi tetap jalan. Selain diskon khusus, para chef hotel boleh menerima pesanan kue-kue secara online. Sebab, kalau hanya mengandalkan menjual kamar hotel, tidak mungkin. Wisatawan lokal Bali sangat jarang menginap di hotel, kebanyakan hanya ingin makan dan berenang saja,” kata Gilda.

Harapan Gilda, pemerintah bisa membantu pariwisata Bali untuk bangkit dan siap menerima wisman pada September 2020 mendatang. Dipastikan Gilda, semua industri pariwisata di Bali siap menjalankan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

"Kami ikuti semua anjuran pemerintah untuk menjalankan protokol kesehatan. Harapan kami, roda ekonomi berputar kembali dan 90.000 kamar hotel di Bali bisa terisi kembali,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Pilih Pj Gubernur Pengganti Anies dalam Waktu Singkat

Presiden Jokowi memutuskan Pj Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies dalam kurun waktu tiga hari saja.

NEWS | 7 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Soroti Penggunaan Gas Air Mata

Presiden Jokowi memperhatikan penggunaan gas air mata yang dilakukan personel kepolisian saat terjadinya Tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Baim Wong Mengeklaim Spontan Buat Konten Prank KDRT

Baim Wong mengeklaim spontan membuat konten prank KDRT bersama istrinya Paula Verhoeven. Konten prank KDRT itu membuat Baim Wong diperiksa polisi.

NEWS | 7 Oktober 2022

2 Jam Diguyur Hujan, Kota Bekasi Dikepung Banjir

Hujan yang mengguyur Kota Bekasi dan sekitarnya selama dua jam tadi menyebabkan sejumlah ruas jalan dan perumahan di Kota Bekasi terendam banjir.

NEWS | 7 Oktober 2022

Diperiksa soal Prank KDRT, Baim Wong Dicecar 25 Pertanyaan

Baim Wong dicecar dengan 25 pertanyaan oleh penyidik Polres Jakarta Selatan saat diperiksa terkait prank KDRT yang dilakukannya bersama Paula Verhoeven.

NEWS | 7 Oktober 2022

Disdik Jabar Bantah Ada Diskriminasi di SMAN 2 Depok

Disdik Jabar membantah adanya diskriminasi terhadap pelajar beragama Kristen di SMAN 2 Depok.

NEWS | 7 Oktober 2022

Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspadai 7 Penyakit Menular

Masyarakat diminta mewaspadai dampak yang timbul dari musim hujan seperti munculnya beberapa penyakit menular.

NEWS | 7 Oktober 2022

Penerbangan Langsung Rute Toraja-Balikpapan Dibuka

Penerbangan langsung atau direct flight Toraja menuju Balikpapan, maupun dari Balikpapan ke Toraja mulai beroperasi, Jumat (7/10/2022).

NEWS | 7 Oktober 2022

Kapolri Dukung Penuh Gerakan Bangga Buatan Indonesia

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendukung sepenuhnya "Gerakan Bangga Buatan Indonesia". 

NEWS | 7 Oktober 2022

Jokowi Kaget Masyarakat Habiskan Rp 100 T Berobat ke Luar Negeri

Presiden Jokowi mengaku kaget masyarakat Indonesia menghabiskan dana US$ 6 miliar atau hampir Rp 100 triliun setiap tahunnya untuk berobat ke luar negeri.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Pilih Pj Gubernur Pengganti Anies dalam Waktu Singkat

Jokowi Pilih Pj Gubernur Pengganti Anies dalam Waktu Singkat

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings