Logo BeritaSatu

Bertahan, Penginapan Omah Pitoe Yogyakarta Kreatif Membuat Protokol Kesehatan

Selasa, 28 Juli 2020 | 07:00 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Memasuki masa adaptasi kebiasaan baru, pemilik guest house Omah Pitoe di Yogyakarta, Retta Simon, mengaku sejak pandemi penginapan rumah miliknya tidak lagi ramai oleh pengunjung. Padahal, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, penginapan rumah yang berada di kawasan sentral Yogyakarta, Jawa Tengah itu selalu dipenuhi kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman).

“Mengingat guest house milik saya bergaya klasik Jawa, maka sebagian besar orang yang menginap adalah para wisman. Pada Februari sampai Maret biasanya dikunjungi oleh wisatawan Asia, kemudian Agustus hingga akhir tahun akan diisi oleh wisatawan Eropa. Namun sayangnya, karena pandemi okupansi penginapan saya 0% dari akhir Februari,” tutur Retta, Senin (27/7/2020).

Kerugian yang ditanggung pun juga cukup besar. Biasanya lima kamar dan satu pavilion yang dibanderol Rp 400.000 hingga Rp 1,2 juta selalu penuh sampai high season. Kini terpaksa kosong selama 5 bulan.

Atas dampak tersebut, Retta harus mengeluarkan kocek sendiri untuk perawatan dan biaya harian rumahnya. Namun Retta tidak patah semangat, kini ia fokus merancang dan mematangkan sistem protokol kesehatan khusus bagi para calon tamu nanti.

Pertama, dirinya akan menyeleksi tamu yang akan menyewa tempat tinggalnya untuk beristirahat. Lima kamar dan juga satu bangunan pavilion miliknya hanya boleh disewakan pada kelompok pengunjung yang berasal dari tempat yang sama.

"Sebelum Covid-19, biasanya kamar-kamar yang tersedia ini bisa diisi oleh pengunjung yang berasal dari tempat yang berbeda. Namun itu menyulitkan kami untuk melakukan proses pencarian jejak apabila hal yang tidak diinginkan terjadi,” ungkapnya.

Kedua, ia pun mengubah teknis pemberlakuan waktu check in dan juga check out di kediaman miliknya. Apabila sebelum pandemi waktu check in dan check out berada pada hari yang sama, tetapi saat dibuka nanti terdapat satu hari yang dikhususkan agar pihaknya bisa memastikan kamar yang akan disiapkan untuk tamu selanjutnya steril dan terjaga kebersihannya.

"Protokol kesehatan akan kami lakukan ketat bila ada kunjungan. Sebelum memasuki rumah harus dilakukan pengecekan suhu, melakukan cuci tangan, dan juga menjaga jarak aman. Di luar kamar kita pasang imbauan untuk menggunakan masker. Selain itu, kita juga mengganti alat makan dengan sekali pakai” terangnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jokowi Kaget Masyarakat Habiskan Rp 100 T Berobat ke Luar Negeri

Presiden Jokowi mengaku kaget masyarakat Indonesia menghabiskan dana US$ 6 miliar atau hampir Rp 100 triliun setiap tahunnya untuk berobat ke luar negeri.

NEWS | 7 Oktober 2022

KPK: Kerugian dari Sektor Kesehatan Capai Rp 821 Miliar

KPK mengungkapkan angka kerugian yang ditimbulkan akibat korupsi di sektor kesehatan menyentuh angka sekitar Rp 821 miliar.

NEWS | 7 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, 20 Personel Polri Diduga Langgar Etik

20 orang personel polisi diduga terlibat pelanggaran etik terkait dengan Tragedi Kanjuruhan yang terjadi di Malang, Jawa Timur.

NEWS | 7 Oktober 2022

Jokowi Pilih Heru Budi Hartono Gantikan Anies Baswedan

Heru Budi Hartono menjadi penjabat gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan yang masa jabatannya berakhir 16 Oktober 2022.

NEWS | 7 Oktober 2022

Jet Ski Rampasan Kasus Nurdin Abdullah, Dilelang KPK

KPK melelang jet ski senilai Rp 276,72 juta hasil rampasan pada kasus korupsi eks Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah.

NEWS | 7 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Polri Periksa Tiga Orang Saksi

Polri kembali memeriksa tiga saksi terkait Tragedi Kanjuruhan, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang menewaskan 131 orang.

NEWS | 7 Oktober 2022

Guru Madrasah Diminta Dukung Implementasi Moderasi Beragama

Guru madrasah didorong agar melakukan implementasi mengenai program moderasi beragama dalam tugas sehari-hari.

NEWS | 7 Oktober 2022

63,95 Juta Orang Telah Dapatkan Vaksinasi Booster Covid-19

Hingga hari ini, Jumat (7/10/2022) sebanyak 63.958.444 orang telah mendapatkan vaksinasi booster Covid-19.

NEWS | 7 Oktober 2022

Hari Ini, Polisi Bakal Periksa Lesti Kejora soal Kasus KDRT

Polisi bakal memeriksa artis Lesti Kejora terkait kasus KDRT yang dilakukan suaminya sendiri, Rizky Billar pada hari ini, Jumat (7/10/2022).

NEWS | 7 Oktober 2022

Update Covid-19: Kasus Positif Hari Ini Tercatat 1.501

Update Covid-19 pada hari ini, Jumat (7/10/2022), kasus positif mengalami kenaikan sebanyak 1.501 kasus.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kejagung Diminta Tak Buru-buru Umumkan Kerugian Negara Korupsi Surya Darmadi

Kejagung Diminta Tak Buru-buru Umumkan Kerugian Negara Korupsi Surya Darmadi

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings