Logo BeritaSatu

Bali Ketat Terapkan CHSE untuk Memikat Wisman

Rabu, 5 Agustus 2020 | 22:45 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Bali baru saja dipilih menjadi destinasi favorit di dunia. Bahkan beberapa survei yang dilakukan masih membuktikan Bali menjadi destinasi tujuan wisatawan mancanegara (wisman) di era adaptasi kebiasaan baru atau pascapandemi Covid-19.

Mengacu pada fakta itulah, analisis kebijakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) Noviendi Makalam mengatakan, para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) wajib, bahkan harus ketat menerapkan protokol kesehatan dengan benar. Pasalnya hal itu sebagai kunci utama saat mempersiapkan diri menghadapi kunjungan wisman dengan adaptasi kebiasaan baru.

Protokol kesehatan berbasis kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan lingkungan atau CHSE (cleanliness, healthy, safety, and environmental sustainability) harus diterapkan dengan benar dan disiplin sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

"CHSE ini dibuat untuk meningkatkan produk wisata dan ekonomi kreatif. Kebiasaan baru ini membuat produk kita meningkat kualitasnya, bukan hanya aman menghadapi Covid-19 tetapi juga keberlangsungan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif,” terang Noviendi saat seminar daring, di Jakarta, Rabu (5/8/2020).

Ia juga mengatakan, saat ini Bali telah ditetapkan sebagai lokasi implementasi percontohan CHSE, sehingga diharapkan para pelaku pariwisata menerapkan adaptasi kebiasaan baru sesuai SOP.

Dalam kesempatan berbeda, Direktur Eksekutif PHRI Bali, sekaligus anggota tim verifikasi usaha akomodasi restoran di dalam hotel, Ida Bagus Purwa Sidemen mengatakan, saat ini timnya berupaya mendapatkan verifikasi untuk 5.380 hotel di Bali. Dengan keterbatasan ruang gerak di masa pandemi ini, sebagian proses verifikasi pun berlangsung secara virtual atau remote verification.

Meski verifikasi dilakukan secara virtual, namun secara kualitas harus tetap bisa dipertanggungjawabkan, karena para industri pariwisata sebagai pemohon sudah melakukan penandatanganan fakta integritas terlebih dahulu untuk mengukur kesiapannya sebelum dilakukan verifikasi oleh tim verifikasi.

"Parameter penilaian yang kami ajukan tidak menggunakan penilaian minimum, sehingga hotel bintang dan non bintang bisa memenuhi. Jadi seandainya saat dilakukan evaluasi, dan ada yang keluar dari fakta integritas maka sertifikatnya bisa dicabut oleh pemerintah,” jelas Ida Bagus Purwa Sidemen.

Tim verifikasi protokol tatanan kehidupan era baru bidang pariwisata terdiri dari asosiasi-asosiasi pariwisata seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), Ketua Persatuan Angkutan Pariwisata (Pawiba) Bali.

Tujuan tim ini adalah untuk meningkatkan kualitas usaha dan daya saing pariwisata dalam percepatan pemulihan ekonomi, serta mencegah penularan virus Covid-19.

"Kita belum dapat melihat, berapa perkembangan okupansi hotel di Bali setelah membuka kunjungan wisata. Namun, mudah-mudahan setelah ini okupansi hotel akan meningkat,” jelasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BPBD Jatim Fasilitasi 2.219 Warga Semeru di Pengungsian

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto menjelaskan ribuan pengungsi  erupsi Semeru tersebut saat ini ditampung di 12 tempat.

NEWS | 5 Desember 2022

7 Jenazah Korban Bus Jatuh ke Jurang di Magetan Dipulangkan ke Semarang

Tujuh jenazah korban bus jatuh ke jurang di Magetan, Jawa Timur dipulangkan ke Semarang, Minggu (4/12/2022) malam.

NEWS | 5 Desember 2022

Kaesang-Erina Menikah, Jokowi Minta Maaf ke Warga Yogya dan Solo

Jokowi memohon maaf jika pernikahan putranya, Kaesang dengan Erina Gundono nantinya menganggu aktivitas warga Yogyakarta dan Sol.

NEWS | 5 Desember 2022

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Bahlil Lahadalia menekankan langkah pemerintah untuk mencapai target investasi hanya bisa terjadi bila terjadi stabilitas politik dan ekonomi.

NEWS | 4 Desember 2022

2 Orang Terluka Dampak Gempa Garut Sudah Ditangani Tim Medis

Dua orang yang terluka tertimpa material bangunan akibat gempa Garut sudah mendapatkan penanganan medis dengan kondisi mulai membaik

NEWS | 4 Desember 2022

Polda Metro Tetapkan 2 Tersangka Pinjol Ilegal di Manado

Polda Metro Jaya menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus pinjaman daring atau pinjaman online/pinjol ilegal di Manado, Sulawesi Utara.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasal Baru Harus Memiliki Kemampuan Diplomasi Tingkat Tinggi

Calon Kasal pengganti Laksamana Yudo Margono harus sosok memiliki kemampuan diploasi tingkat tinggi dan paham tentang geopolitik maritim Indonesia.

NEWS | 4 Desember 2022

Hingga 4 Desember, Cianjur Diguncang 384 Kali Gempa Susulan

BMKG mencatat total gempa susulan di Cianjur hingga 4 Desember 2022 pukul 15.00 WIB mencapai 384 kali.

NEWS | 4 Desember 2022

Rem Blong Diduga Penyebab Bus Masuk Jurang di Magetan

Bus masuk jurang yang menewaskan tujuh orang di Magetan, Jawa Timur, diduga karena rem blong, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur Jadi 8.151 Unit

Jumlah rumah yang rusak berat akibat gempa Cianjur bermagnitudo 5,6 bertambah menjadi 8.151 rumah hingga Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
5 Hal Penting dari Lolosnya Timnas Inggris ke Perempat Final

5 Hal Penting dari Lolosnya Timnas Inggris ke Perempat Final

SEMESTA BOLA 2022 | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE