New Bunaken, Wisata Baru di Tengah Pandemi
Logo BeritaSatu

New Bunaken, Wisata Baru di Tengah Pandemi

Jumat, 2 Oktober 2020 | 23:04 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menyusun konsep baru pariwisata, New Bunaken, untuk memperkenalkan tempat-tempat selam yang belum dikenal luas.

Kepala Dinas Pariwisata Sulut, Henry Kaitjily mengatakan, Taman Laut Bunaken bukan satu-satunya kawasan andalan selam yang dimiliki Sulut. Diceritakan, upaya menemukan New Bunaken sudah dilakukan beberapa waktu lalu dengan dihelatnya Mangatasik Photo Underwatter Competition. Dalam sepekan, ratusan orang pun mendaftar dalam kegiatan ini. Namun sayangnya, mempertimbangkan protokol Covid-19 dibatasi hanya 53 peserta saja.

"Upaya menelusuri New Bunaken terus dilakukan. Baru-baru ini Sulut juga membuka direct call ekspor ke Jepang menggunakan penerbangan. Peluang di depan, bisa dimanfaatkan untuk direct flight Jepang ke Manado, memperluas minat turis mancanegara untuk datang ke Sulut,” jelasnya dalam acara Sosialisasi Panduan Pelaksanaan Clean, Healty, Safety, Environment (CHSE) Usaha Wisata Selam, Jumat (2/10/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Staf Khusus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Digital dan Kreatif, Ricky Yoseph Pesik mengapresiasi upaya besar yang dilakukan Dispar Sulut dalam mengembangkan sektor wisatanya. Namun, ia juga mengingatkan bahwa di masa era kenormalan baru, sektor pariwisata harus bangkit dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE memiliki peran penting untuk membangkitkan sektor ekonomi di industri pariwisata dan industri kreatif terutama bidang industri minat khusus,” ujar Ricky

Ricky berharap melalui panduan penerapan CHSE yang dikampanyekan Kemparekraf dapat dijadikan sebagai acuan oleh industri wisata selam dalam menyelenggarakan usaha wisata selam yang sesuai dengan protokol kesehatan berbasis CHSE.

"Sekali lagi yang terpenting dari semuanya adalah kedisiplinan dari para pelaku usaha wisata selam dan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan,” tambah Ricky.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Menjaga Muruah Batik di Masa Pandemi

Peringatan Hari Batik Nasional 2020 mengangkat tema Heritage on the Move!.

GAYA HIDUP | 2 Oktober 2020

Terungkap, Empat Jenis Biskuit Favorit Masyarakat Indonesia

Masyarakat Indonesia dari berbagai usia mengonsumsi biskuit dalam banyak kesempatan.

GAYA HIDUP | 2 Oktober 2020

GI Hadirkan Virtual Midnight Shopping dengan Diskon Gede-gedean

Program GI ini diselenggarakan untuk memberikan opsi kepada masyarakat agar tetap dapat berbelanja yang aman dan nyaman dari rumah.

GAYA HIDUP | 1 Oktober 2020

Batik, Karya Adiluhung yang Terus Berinovasi

Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Hetty Andika Perkasa, menilai batik adalah warisan budaya yang sakral dan bernilai tinggi.

GAYA HIDUP | 2 Oktober 2020

Kemparekraf Siapkan Panduan Khusus Usaha Wisata Selam Saat Pendemi

Sebetulnya tanpa adanya Covid-19 pun wisata selam sudah memiliki protokol kesehatan yang sangat ketat.

GAYA HIDUP | 2 Oktober 2020

Uniqlo Indonesia Akan Buka Tiga Toko Baru hingga Awal 2021

Dengan tambahan tiga toko yang dibuka hingga awal 2021, Uniqlo Indonesia akan memiliki total 39 toko yang tersebar di 15 kota di Indonesia.

GAYA HIDUP | 2 Oktober 2020

Eksistensi Batik Indonesia Bernilai Universal

Batik Indonesia memiliki nilai-nilai universal dalam setiap coraknya.

GAYA HIDUP | 1 Oktober 2020

GrabFood: Jumlah Kopi Per Pesanan Meningkat Saat Pandemi

Di masa pandemi Covid-19, pelanggan umumnya memesan tiga gelas kopi untuk asupan kafein bagi seluruh anggota keluarga di rumah.

GAYA HIDUP | 1 Oktober 2020

The Harvest Resmikan Konsep Tampilan Baru di Cibubur

The Harvest secara resmi memperkenalkan konsep tampilan barunya di store cabang Cibubur, tepatnya di Jalan Transyogie KM 6 Cibubur, Nagrak, Gunung Putri, Bogor.

GAYA HIDUP | 1 Oktober 2020

Mengenal Sarung Tenun BHS yang Kaya Motif dan Warna

Sejak tahun 1953, sarung tenun lokal produksi BHS telah diakui kualitasnya tak hanya di pasar nasional, namun hingga ke mancanegara.

GAYA HIDUP | 1 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS