Tingkatkan Potensi Wisata di Danau Toba dengan Sport Tourism
Logo BeritaSatu

Tingkatkan Potensi Wisata di Danau Toba dengan Sport Tourism

Kamis, 31 Desember 2020 | 12:52 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong peningkatan potensi wisata yang ada di wilayah destinasi wisata super prioritas (DSP) Danau Toba, Sumatera Utara. Sport tourism atau wisata olahraga menjadi fokus utama untuk membangkitkan pariwisata di Sumatera Utara.

Dalam pertemuan dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pelaku ekonomi kreatif, dan Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) di The Kaldera di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Rabu (30/12/2020), Sandiaga mengatakan DSP Danau Toba memiliki keindahan alam yang luar biasa indah.

Menurutnya event yang berkaitan dengan wisata olahraga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menggaet wisatawan nusantara sebagai upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya di DSP Danau Toba.

"Selagi menunggu vaksin dan kesiapan sektor kesehatan kita bisa bersiap menciptakan event-event untuk wisatawan nusantara. Event itu bisa berkaitan dengan sports tourism seperti olahraga air, ada juga olahraga endurance atau kekuatan tubuh seperti sepeda dan lari yang melibatkan masyarakat juga serta olahraga renang di perairan bebas,” kata Sandiaga, dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Kamis (31/12/2020).

Sandiaga juga mengatakan, pihaknya bersama-sama dengan Pemda dan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif berkomitmen untuk menawarkan wisata berbasis alam dan budaya.

"Saya titip kepada para bupati yang hadir di sini untuk kita sama-sama berkolaborasi dan bersinergi menghadirkan suatu destinasi super prioritas yang siap setelah pandemi ini untuk jadi ikon pariwisata baru Indonesia yang berbasis alam dan budaya,” katanya.

Sementara, terkait kesiapan infrastruktur di sekitar DSP Danau Toba, Sandiaga menuturkan dirinya telah mendapatkan komitmen dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dari segi pendanaan dan kesiapan pembangunan infrastruktur di sana.

“Saat saya koordinasi dengan Pak Luhut, saya mendapatkan komitmen bahwa dari segi pendanaan dan kesiapan akan diberikan agar infrastruktur ini akan semakin terbangun di wilayah DSP Danau Toba,” tutur Sandi.

Selain itu, Sandiaga juga mengungkapkan akan menggali dan mengkurasi berbagai sektor ekonomi kreatif yang ada di sekitar kawasan DSP Danau Toba yang dapat dijadikan produk unggulan sebagai penunjang sektor pariwisata. Pihaknya sudah menerjunkan tim untuk mengkurasi 17 subsektor ekonomi kreatif ini.

“Kalau makanan, saya sudah coba ombus-ombus, mie gomak di Parapat saya coba. Saya dijanjikan oleh Bupati Simalungun, Pak JR Saragih ada beberapa kuliner unggulan. Dari segi busana juga akan dipilih busana unggulan, dari segi kerajinan tangan maupun sampai animasi, film, dan musik kita akan dorong juga nanti akan ada festivalnya. Kita akan dorong e-sport juga karena gaming ini sedang berkembang jadi ekonomi kreatif yang juga akan kita bangkitkan,” tukasnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Hotel Tugu Bali Raih Sertifikasi CHSE

Kemparekraf telah menetapkan standar sertifikasi CHSE bagi para pelaku pariwisata guna memastikan kenyamanan dan keamanan wisatawan.

GAYA HIDUP | 30 Desember 2020

Sarian Skincare Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Dengan tampilan wajah baru yang lebih luxury, Sarian Skincare telah melewati proses perbaikan formula berkali-kali.

GAYA HIDUP | 29 Desember 2020

Pengamat: Menparekraf Harus Memahami Konsep Pariwisata

Ketua Ikatan Cendekiawan Pariwisata Indonesia Azril Azahari, mengatakan Sandiaga Uno harus belajar cepat tentang konsep pariwisata.

GAYA HIDUP | 28 Desember 2020

Kenali Ciri Kulit Wajah Sehat dan Cerah di Masa Pandemi

Kulit tidak harus putih, namun harus memiliki pigmen atau warna yang merata, sehingga tidak nampak belang.

GAYA HIDUP | 28 Desember 2020

Terdampak Pandemi Covid-19, Sejumlah Pegiat Kopi Cari Solusi Secara Virtual

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, komunitas kopi ditantang untuk kreatif, inovatif serta tetap kuat dan solid.

GAYA HIDUP | 28 Desember 2020

6 Kabupaten di Jateng Tutup Semua Objek Wisata Saat Tahun Baru

Keenam Kabupaten yang menutup semua destinasi wisata adalah Rembang, Purworejo, Wonogiri, Kudus, Jepara dan Demak.

GAYA HIDUP | 28 Desember 2020

Isi Liburan, Warga DKI Bisa Ikut Bertani Hingga Memasak

Tanggal 30 Desember ada kegiatan memasak bareng juru masak.

MEGAPOLITAN | 28 Desember 2020

Sandiaga: Wisatawan Apresiasi Penanganan Covid-19 di Pulau Bali

Sandiaga menyatakan siap mendukung 100 persen pariwisata Bali yang berbasis budaya.

GAYA HIDUP | 27 Desember 2020

Sandiaga Apresiasi Protokol Kesehatan di Bandara Ngurah Rai

Sandiaga mengharapkan wisatawan dan pengunjung yang datang ke Bali disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

GAYA HIDUP | 27 Desember 2020

Paviliun Indonesia Tampil Memesona di Nansha Bird Park Guangzhou

Peresmian Paviliun Indonesia menjadi sebuah kado indah perayaan 70 tahun hubungan diplomatik RI-Tiongkok yang jatuh pada 13 April 2020.

GAYA HIDUP | 26 Desember 2020


TAG POPULER

# Penganiayaan Perawat


# Reshuffle Kabinet


# Vaksinasi Covid-19


# Larangan Mudik


# Vaksin Nusantara



TERKINI

Kementerian Perhubungan Resmikan Penggunaan GeNose di Tanjung Perak

NASIONAL | 14 menit yang lalu










TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS