Logo BeritaSatu

Wisatawan Domestik Topang Okupansi Hotel di Bali

Kamis, 7 Januari 2021 | 17:42 WIB
Oleh : Imam Muzakir / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pembatasan aktivitas sebagai imbas pandemi Covid-19, menyebabkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) maupun domestik ke Pulau Bali mengalami penurunan. Kondisi ini berimbas terhadap kinerja hotel di Pulau Dewata sepanjang tahun 2020, yang mengalami penurunan sangat drastis.

Senior Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, mengatakan, wisatawan yang masuk ke bandara Ngurah Rai, baik mancanegara maupun domestik di tahun 2019 rata-rata jumlahnya masih sekitar 400.000 hingga 500.000 orang setiap bulannya.

Advertisement

"Namun, selama masa pandemi di tahun 2020, jumlah kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun domestik mengalami penurunan cukup drastis, bahkan sangat drastis,” kata Ferry Salanto, dalam konferensi pers virtual, Rabu (7/1/2021).

Ferry memaparkan, pandemi Covid-19 telah menyebabkan tingkat keterisian atau okupansi hotel di Bali ikut mengalami penurunan tajam dengan okupansi tidak lebih dari 20 persen. Kondisi ini berbanding terbalik dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai rata-rata di atas 60 persen.

"Kondisi ini memaksa pengelola hotel melakukan beberapa hal untuk menekan operational cost, antara lain dengan mengoperasikan sebagian gedung, menutup beberapa fasilitas hotel dan bahkan merumahkan karyawannya,” paparnya.

Menurut Ferry, pada bulan Agustus wisatawan domestik mulai bergerak naik namun wisatawan mancanegara masih flat, karena ada pembatasan aktivitas. Oleh karena itu, lanjutnya, kehadiran wisatawan domestik perlu dijaga agar pasar dan kinerja perhotelan di Bali bisa segera menuju pemulihan.

"Agustus wisatawan domestik mulai menggeliat dan hal ini persis seperti kasus bom Bali yang menyebabkan kinerja hotel turun. Salah satu solusinya, dengan menjaga arus kunjungan wisatawan domestik. Pasalnya, pasar wisatawan domestik sangat membantu untuk memulihkan pariwisata dan menolong kinerja hotel di Bali selama pandemi,” imbuhnya.

Menyoal proyeksi kinerja hotel di tahun 2021, Ferry mengatakan, masih menunggu hasil penanganan kasus Covid-19, sebagai pertimbangan bagi wisatawan khususnya wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia, terutama menghabiskan liburannya di Bali.

"Apabila pandemi Covid-19 dapat terkendali dan sambil menunggu pemerintah membuka pintu bagi wisatawan mancanegara, kondisi pariwisata dan perhotelan di Bali nampaknya masih akan bergantung pada wisatawan domestik,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
AFPI-TékenAja! Hadirkan Tanda Tangan Elektronik

AFPI-TékenAja! Hadirkan Tanda Tangan Elektronik

EKONOMI | 14 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings