Menparekraf Dukung Konsep Hybrid Banyuwangi Festival 2021
Logo BeritaSatu

Menparekraf Dukung Konsep Hybrid Banyuwangi Festival 2021

Rabu, 17 Februari 2021 | 20:13 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengharapkan kalender pariwisata (calendar of event) Banyuwangi Festival 2021 yang digelar dengan konsep hybrid alias memadukan online dan offline, bisa membuat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kembali bergeliat secara bertahap.

Banyuwangi Festival 2021 merupakan kalender wisata yang sudah memasuki tahun ke-10, dengan menghadirkan 102 event dari berbagai macam atraksi. Pelaksanaan festival tersebut mengusung konsep colorful hybrid yang memadukan antara luring dan daring. Hal ini dilakukan agar kreativitas masyarakat Banyuwangi tetap berjalan, meskipun di tengah pandemi Covid-19.

“Saya sangat bersemangat mendukung Banyuwangi Festival 2021, sebagai daya tarik pariwisata daerah untuk kembali membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif. Banyuwangi dengan kalender kegiatannya, telah dinobatkan sebagai kota festival terbaik dan menjadi rujukan destinasi pariwisata Indonesia,” ujar Sandiaga Uno, dalam acara launching Banyuwangi Festival 2021, secara hybrid di Jakarta, Rabu (17/2/2021).

Menparekraf mengatakan, penyelenggaraan event tersebut memberikan dampak yang positif bagi perekonomian masyarakat Banyuwangi. Hal tersebut di dukung dari data tahun 2019 yang menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) Banyuwangi naik Rp 29 miliar, angka kemiskinan menurun 7,52 persen, PDRB naik 157,5 persen, dan pendapatan perkapita naik 149 persen.

“Untuk itu, saya berharap dengan adanya Banyuwangi Festival ini kita bisa bangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, menumbuhkan ekonomi, dan kita membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” ujarnya.

Menparekraf juga mengimbau agar masyarakat Banyuwangi tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin untuk menekan penularan Covid-19, dengan menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan selalu rajin mencuci tangan. Selain itu juga 3T yakni testing, tracing, dan treatment.

"Dengan penerapan protokol kesehatan, mudah-mudahan kita bisa segera keluar dari pandemi dan himpitan ekonomi,” kata Sandiaga.

Sementara, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, menuturkan tahun 2021 menjadi harapan baru bagi bangkitnya Banyuwangi Festival. Dengan menggunakan teknologi baru yang telah disesuaikan dengan era now normal dan disiarkan secara berbeda dengan view 360 derajat, akan memberikan pengalaman dan sensasi baru bagi para peserta. Dengan teknologi ini masyarakat juga bisa belanja produk-produk UMKM dari rumah.

“Ini sebagai salah satu solusi kami agar pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tetap bisa produktif dan transaksi tetap dapat dilakukan secara online,” ujarnya.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Ketika Buku Menjadi Antaran Menikah

Kisah pernikahan Anto dan Ila di awal tahun ini, 18 Januari 2021, dengan anteran buku, menjadi menarik.

GAYA HIDUP | 17 Februari 2021

Oemah Herborist Bali Usung Wisata Edukasi Produk Alami Indonesia

Sandiaga mengapresiasi produk-produk kesehatan Victoria Care.

GAYA HIDUP | 16 Februari 2021

Kemah Bobocabin Didukung Teknologi IoT

Di tengah keasrian alam sekitar, penghuni Bobocabin bisa menikmati kecanggihan teknologi kemah yang didukung Internet of Things (IoT).

GAYA HIDUP | 16 Februari 2021

Bobocabin Jadi Solusi Liburan Era New Normal

Berlibur ketika masa pandemi menjadi menimbulkan kekhawatiran dan kendala bagi banyak orang. Bobobox menawarkan solusi berlibur di era new normal

GAYA HIDUP | 16 Februari 2021

Goresan Warna Raysha Dinar Kemal Gani untuk Anak-anak Autis

Secara ekslusif, Alleira memproduksi beberapa produk merchandise dari dua lukisan Raysha yang bernama Beijing Garden dan Blossoming Spring.

GAYA HIDUP | 15 Februari 2021

Pelestarian Kuliner Nusantara Bantu Perekonomian Daerah

Omar Niode Foundation ajak masyarakat pilih makanan ramah iklim.

GAYA HIDUP | 15 Februari 2021

Maret, Christian Dior Hadirkan Tenun Endek Bali dalam Koleksi Spring/Summer 2021

Tenun Endek diperkirakan akan sudah mulai tersedia di butik Dior seluruh dunia pada Maret 2021.

GAYA HIDUP | 15 Februari 2021

Asosiasi Pengusaha Kuliner Sambut Positif PPKM Berskala Mikro

Pemerintah memperkenankan layanan makan di tempat untuk bisnis restoran dengan kapasitas maksimal 50% dalam PPKM berskala mikro.

GAYA HIDUP | 15 Februari 2021

Yakuzabu, All You Can Eat Termurah Se-Indonesia Hadir di Medan

Dengan pembukaan outlet di Medan ini, Yakuzabu mempunyai dua cabang, yang pertama di Malang dan kini di Medan.

GAYA HIDUP | 14 Februari 2021

Pilihan Outfit Stylish di Momen Valentine

Kondisi pandemi yang mengharuskan semua orang di rumah, bukan hambatan untuk merayakan Valentine bersama orang tersayang.

GAYA HIDUP | 13 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS