Tips Chocochips Bertahan di Tengah Pandemi: Peka dan Jeli terhadap Perubahan
Logo BeritaSatu

Tips Chocochips Bertahan di Tengah Pandemi: Peka dan Jeli terhadap Perubahan

Selasa, 2 Maret 2021 | 22:09 WIB
Oleh : Irawati D Astuti / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Tahun 2020 adalah tahun yang berat bagi para pengusaha. Namun, di saat banyak perusahaan ritel terpaksa gulung tikar akibat pandemi, Chocochips justru berhasil bertahan dan mengembalikan kestabilan perusahaan. Brand mode lokal yang terkenal dengan gaya feminin sejak 2007 itu berhasil melewati 2020 dengan kepekaan dan kejelian melihat perubahan di masyarakat.

“Bertahan di tengah pandemi yang sudah berjalan selama satu tahun ini memang bukan hal yang mudah. Selama awal pandemi, sekitar Maret-Mei kami juga merasakan pukulan yang sangat berat akibat pandemi ini. Kami sempat berpikir bahwa bisnis ini sangat kecil peluangnya untuk bisa bertahan. Namun, akhirnya kami bisa bounce back dan usaha kami kembali stabil,” ujar Founder Chocochips, Lita Gunawan, dalam keterangan yang diterima Beritasatu, Selasa (2/3/2021).

Peka dan jeli terhadap perubahan kebiasaan masyarakat dan cepat beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat adalah kunci sukses Chocochips dalam menaklukkan 2020.

“Pandemi ini adalah titik terendah dalam bisnis kami. Kami sangat terkena dampak karena 80% pendapatan didapatkan dari toko kami yang berada di pusat perbelanjaan. Namun kami mencoba beradaptasi dan melihat peluang untuk bisa bangkit lagi. Di saat itu kami melihat terdapat perubahan pola hidup masyarakat selama PSBB. Sebagian besar orang tetap melakukan aktivitas kerja walaupun hal tersebut dilakukan di rumah," ungkap Lita.

Ia pun menjawab kebutuhan masyarakat dengan meluncurkan produk yang nyaman namun layak juga dipakai untuk bekerja dari rumah. Misalnya, untuk mengikuti online meeting. Lalu kemudian, beberapa bulan setelahnya pelan-pelan masyarakat mulai berani keluar rumah dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Chocochips pun melihat lagi adanya kebutuhan yang baru dalam berbusana.

"Kami pun memutuskan untuk meluncurkan produk modis tapi ramah di kantong,” ujar Lita.

Selama 2020, Chocochips meluncurkan dua lini terbarunya sebagai senjata yang digunakan untuk bertahan menghadapi pandemic Covid-19, yaitu Chocochips Daily dan Chic by Chocochips.

Chocochips Daily adalah lini terbaru dari Chocochips yang mengusung baju santai atau loungewear. Busana ini bisa digunakan baik di rumah maupun untuk kegiatan kecil seperti berbelanja ke supermarket atau online meeting dengan rekan sekantor. Kelebihan dari Chocochips Daily adalah bahannya yang sangat nyaman disertai dengan motif dan model yang menarik, sehingga cocok digunakan untuk para pelanggan Chocochips yang bekerja dari rumah.

"Chocochips Daily nyatanya berhasil menyumbangkan 60% dari penjualan kami tahun lalu," kata Lita.

Kemudian pada November 2020 kemarin, Chic by Chocochips diluncurkan dengan menyediakan produk baju modis dengan harga yang ramah kantong. Berbeda dengan produk Chocochips yang dibanderol dengan harga rata-rata Rp 300.000, Chic by Chocochips ini dijual dengan harga tidak lebih dari Rp 250.000. Lagi-lagi, lini terbaru ini disambut baik oleh pelanggan setianya.

Selain mampu menghindari kerugian, ternyata trik yang dilakukan justru malah mengembalikan kestabilan bisnis mereka. Keberhasilan Chocochips meluncurkan dua lini terbarunya ini menjadi bukti bahwa ekonomi Indonesia bisa berangsur-angsur membaik.

Chocochips adalah sebuah brand fashion yang sudah berdiri sejak 2007 dengan baju wanita sebagai komoditi utamanya. Baju wanita dengan gaya feminin dan kualitas yang sangat baik telah menjadi ciri khas Chocochips.

Dengan lebih dari 1000 model yang di-update setiap bulannya, baju Chocochips cocok untuk digunakan untuk gaya kasual hingga baju untuk pesta mau pun event spesial. Chocochips bisa diakses secara online di www.chocochips.co.id.

Saat ini Chocochips juga memiliki delapan toko offline yang tersebar di lima kota besar Indonesia.



Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Furnitur Jepang dengan Desain Klasik Hadir di Indonesia

Ganko Oyaji menggunakan bahan baku dari kayu tua berusia ratusan tahun dan dikerjakan dengan tangan.

GAYA HIDUP | 2 Maret 2021

Bergaya Hypebeast Ala Korea dengan Sepatu Misyel Lo

Marelow sebagai produsen sepatu lokal menelurkan produk hypebeast ala Korea bernama Misyel Lo.

GAYA HIDUP | 2 Maret 2021

Efek Hallyu Juga Menyasar Industri Makanan di Indonesia

Selain restoran Korea yang menjamur, berbagai makanan instan khas Korea juga turut digandrungi masyarakat Indonesia.

GAYA HIDUP | 2 Maret 2021

Yuk! Lihat 3 Karakter Tokoh Drama The Penthouse Lewat Warna Makeup

Shim Su Ryeon, Cheon Seo Jin, dan Oh Yoon Hee adalah tiga karakter utama perempuan yang terlibat dalam pertarungan kekuasaan.

GAYA HIDUP | 1 Maret 2021

Alma Madani Resmi Kelola Hotel Bintang

Pandemi Covid-19 diakui banyak membuat para pengusaha hotel yang mengalami kesulitan.

GAYA HIDUP | 1 Maret 2021

Free Covid-19 Corridor, Ubud dan Nusa Dua Siap Terima Wisatawan

Menparekraf berjanji akan menyelesaikan kebijakan Covid Free Corridor untuk sejumlah daerah di Bali.

GAYA HIDUP | 1 Maret 2021

Nusa Dua dan Ubud Siap Dibuka untuk Wisatawan Mancanegara

Menurut Koster, pengendalian Covid-19 berdampak langsung terhadap kepercayaan wisatawan untuk datang ke Bali.

GAYA HIDUP | 1 Maret 2021

Sandiaga Optimistis Vaksinasi Covid-19 Bangkitkan Industri Pariwisata

Sandiaga tidak memungkiri industri pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi sektor yang paling terpuruk.

GAYA HIDUP | 1 Maret 2021

MCSC 2021 Dorong Arsitek Muda Berinovasi Ramah Lingkungan

Saint-Gobain menggelar Multi Comfort Student Contest (MCSC) 20201 Acara ini merupakan wujud komitmen untuk terus mendukung peran pemuda dalam mendorong konstruksi berkelanjutan (sustainable construction) dan mewujudkan dunia sebagai tempat yang nyaman untuk ditinggali (making the world a better home).

GAYA HIDUP | 1 Maret 2021

Pameran IKM “Bali Bangkit 2021” Geliatkan Ekonomi Kreatif

Pameran ini bertujuan untuk menggeliatkan kembali ekonomi kreatif di Bali, khususnya para pengrajin, seperti kain, tenun endek, aksesoris, dan lukisan.

GAYA HIDUP | 27 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS