Logo BeritaSatu

Tip Budi Daya Tanaman Hias Agar Tumbuh Indah

Rabu, 3 Maret 2021 | 20:02 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Saat pandemi seperti ini, bisnis tanaman, khususnya tanaman hias menjadi tren yang sangat menguntungkan dan menjanjikan. Salah satu penyebabnya karena masyarakat yang lebih banyak beraktivitas di rumah, sehingga mencari kesibukan lain yaitu dengan menanam tanaman di rumahnya. Ada beberapa tip agar tanaman hias tumbuh indah.

“Bisnis tanaman dapat dikatakan sebagai bisnis yang menguntungkan dan ke depannya masih akan ada lebih banyak pebisnis muda yang berkecimbung di dunia pertanian, khususnya tanaman hias,” Aldy Rahmadiansyah, marketing creative Crowde, sebuah platform untuk mendukung petani lewat permodalan pertanian dan inovasi teknologi.

Tanaman hias sendiri merupakan tanaman dari kelompok holtikultura dan fungsi dari tanaman hias ini sendiri, yaitu untuk menambah keindahan lingkungan sekitarnya. Dengan kata lain, setiap jenis tanaman hortikultura yang bisa menambah keindahan pada suatu ruangan atau lingkungan termasuk ke dalam jenis tanaman hias, walaupun tanaman itu juga termasuk ke dalam tanaman sayuran.

Sayangnya, membudidayakan tanaman hias bukan hal yang mudah. Apalagi bagi para pemula. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengetahuan dan keahlian yang memadai untuk membudidayakan tanaman hias. Berikut ini adalah beberapa tip membudidayakan tanaman hias:

1. Memilih Jenis Tanaman Hias
Mulailah belajar membudidayakan tanaman hias yang sedang digandrungi banyak orang. Tanaman hias memiliki tren tersendiri, terkadang mereka akan popular pada waktu-waktu tertentu. Seperti contohnya, tanaman hias berjenis janda bolong yang menjadi tanaman hias terpopular di tahun 2020.

Hal ini menjadi penting untuk diperhatikan terutama bagi Anda yang ingin menjadikan tanaman hias sebagai usaha. Hal itu akan membuat bisnis Anda berjalan lancar karena tanaman itu banyak dicari orang. Namun, jika Anda tidak ingin mengikuti tren, satu trik yang bisa Anda ikuti adalah dengan memilih tanaman hias yang timeless atau memiliki daya tarik yang tidak ada habisnya. Misalnya, sukulen dan tanaman hiasan taman.

2. Menyiapkan Media Tanam
Pastikan Anda menggunakan media tanam yang tepat agar tanaman hias yang akan anda tanam dapat tumbuh dalam kondisi baik. Hal ini dikarenakan media tanam yang akan berpengaruh pada kelembapan dan pertumbuhan akar tanaman. Beberapa jenis media tanam yang bisa Anda gunakan antara lain: pot, kaleng bekas, botol bekas, kain, dll.

3. Perawatan Tanaman
Perawatan tanaman wajib untuk dilakukan denagan tujuan menghindari tanaman terserang penyakit ataupun mengalami kerusakan. Hal yang perlu Anda lakukan untuk perawatan antara lain:

Penyiraman
Tanaman hias membutuhkan air sebagai makanannya agar tidak layu. Untuk itu, lakukanlah penyiraman secara teratur minimal sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Namun sebelum itu, Anda perlu mengenali tanaman Anda terkait kebutuhan airnya, apakah butuh air banyak atau sedikit. Hal ini dikarenakan kelembaban yang diterima tanaman akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya. Selain itu, pastikan Anda menggunakan air bersih untuk menyiram tanaman agar bersih dari debu hingga bakteri.

Pemupukan
Pemupukan penting untuk dilakukan dalam menjaga tumbuh kembang tanaman hias. Hal ini dikarenakan pupuk berperan sebagai makanan tambahan, vitamin, dan penunjang pertumbuhan bagi tanaman. Untuk itu, lakukanlah pemupukan dengan menambah unsur NPK yang merupakan unsur dasar yang dibutuhkan oleh tanaman. Adapun pupuk yang Anda gunakan bisa berupa pupuk kompos atau juga pupuk kimia.

Pemberian pestisida dan insektisida
Pemberian pestisida berfungsi untuk mencegah rumput liar dan insektisida berfungsi untuk membasmi hama. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari tanaman dari penyakit.

Pemangkasan
Pemangkasan perlu dilakukan untuk mengatur tumbuh kembang tanaman dan meningkatkan nilai keindahan dari tanaman itu sendiri. Hal ini dikarenakan tanaman hias akan memiliki nilai jual tinggi jika ia memiliki bentuk yang lucu dan estetik.

Itulah dia beberapa tip membudidayakan tanaman hias agar tumbuh dengan indah. Perlu ketahui ilmu pengetahuan tentang sistem pertanian atau penanaman itu penting. Apalagi jika ingin mencoba untuk memulai bisnis pertanian. Selain itu, modal usaha untuk memulainya juga terbilang penting.

"Di sinilah, kami hadir untuk meningkatkan dan juga mendukung pemberdayaan petani di Indonesia," kata Aldy Rahmadiansyah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Cak Imin Doa Bersama Habaib dan Ribuan Warga Jakarta

Cak Imin doa bersama habaib dan ribuan warga DKI Jakarta untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

NEWS | 8 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Indonesia Tidak Kena Sanksi FIFA

Kabar gembira, Indonesia dipastikan tidak mendapatkan sanksi dari FIFA terkait tragedi Kanjuruhan Malang.

NEWS | 8 Oktober 2022

Relawan Perkuat Poros Kemenangan Ganjar di Jatim, Jateng, dan Jambi

Relawan Sahabat Ganjar memperkuat poros kemenangan untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 di sejumlah kota di Jatim, Jatim, dan Jambi.

NEWS | 8 Oktober 2022

BNPT Kukuhkan 50 Anak Muda Papua Jadi Duta Damai Dunia Maya

BNPT mengukuhkan 50 anak muda Papua sebagai Duta Damai Dunia Maya di salah satu hotel di Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (7/10/2022).

NEWS | 8 Oktober 2022

Wagub Jawa Barat Ingatkan BUMD untuk Penuhi Target

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengingatkan BUMD untuk segera memenuhi target setoran laba sebagai kontribusi terhadap PAD.

NEWS | 8 Oktober 2022

Jumat Malam, Perumahan Dosen IKIP Bekasi Banjir 1,5 Meter

Banjir kembali merendam Perumahan Dosen IKIP, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jumat (7/10/2022) malam.

NEWS | 8 Oktober 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 7 Oktober 2022

Berikut ini Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 7 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Data Kasus & Kematian Covid-19 di Jakarta, 7 Oktober 2022

Berikut ini Data Kasus & Kematian Covid-19 di Jakarta, 7 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian kesehatan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 7 Oktober 2022

Berikut ini Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 7 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Data Prevalensi Covid-19 di 10 Provinsi, 7 Oktober 2022

Berikut ini Data Prevalensi Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi, 7 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi Tak Salami Kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liga 1 Dihentikan, Squad Persita Jalani Latihan Rutin

Liga 1 Dihentikan, Squad Persita Jalani Latihan Rutin

BOLA | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings