Bangkitkan Motivasi Pelaku Pariwisata, Sandiaga: Informasi Publik Penting di Tengah Pandemi
Logo BeritaSatu

Bangkitkan Motivasi Pelaku Pariwisata, Sandiaga: Informasi Publik Penting di Tengah Pandemi

Senin, 8 Maret 2021 | 22:39 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, menekankan pentingnya informasi publik mengenai upaya pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia dalam materi-materi publikasi. Menurutnya, ini mampu memotivasi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif agar tetap optimistis dalam berkarya di masa pandemi Covid-19.

Dalam rapat pimpinan jajaran Kemparekraf pada Senin (8/3/2021), Sandiaga mengatakan perlu ada komunikasi publik yang baik dari kementerian dan lembaga terkait dalam upaya membangkitkan motivasi masyarakat, dalam hal ini pelaku wisata dan ekonomi kreatif untuk bangkit dari keterpurukan.

“Kita perlu memberikan harapan dan motivasi di dalam materi-materi (publikasi) kita bahwa kita akan segera pulih. Masyarakat sudah satu tahun bersedih,” urai Sandiaga dalam keterangan yang diterima Beritasatu.com, Senin (8/3/2021).

Ia juga menyebutkan, hal ini merupakan salah satu instruksi Presiden Joko Widodo dalam Sidang Kabinet Paripurna pada Rabu (3/3/2021) yang lalu. “Jadi kita harus terus gaungkan mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin serta di dalamnya diselipkan informasi yang menimbulkan harapan baik,” katanya.

Sandiaga juga meminta agar setiap kedeputian terus berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait dalam upaya pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air. Seperti rencana penerapan free covid corridor atau free travel arrangement serta second home program.

“Jadi saya minta kepada Deputi Bidang Kebijakan Strategis untuk meng-update perkembangan free travel arrangement ini dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri. Begitu pula perihal rencana kebijakan second home program segera dikoordinasikan dengan Direktorat Jenderal Imigrasi,” ucap Sandiaga.

Ia meminta kepada Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur untuk terus berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk menyediakan jaringan internet 5G di kelima kawasan Destinasi Super Prioritas dan di kawasan Kota Tua, Jakarta. Ia juga meminta Deputi Bidang Pemasaran untuk berkoordinasi dengan maskapai-maskapai penerbangan agar dapat menyediakan suvenir berupa kerajinan tangan tradisional khas daerah sebagai bagian dari upaya membangkitkan ekonomi kreatif Indonesia.

Mengenai program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP), Sandiaga pun menyampaikan kepada Deputi Bidang Industri dan Investasi untuk juga memperhatikan para pramuwisata.

“Sekarang ini saya disapa oleh perwakilan pramuwisata dari setiap daerah dan keadaan mereka saat ini sangat sulit, jadi kita harus berempati,” tutur Sandiaga.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

SIR LOIN, Pilihan Baru Penggemar Steak

Penggemar steak kini punya opsi resto baru untuk dikunjungi. Adalah SIR LOIN yang terletak di Jalan Bumi No 20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

GAYA HIDUP | 8 Maret 2021

Sheima Hadirkan Perawatan Kulit dengan Kandungan Antibakteri

Sheima hadir dengan produk perawatan kulit untuk mereka yang aktif dan banyak beraktivitas di luar ataupun di dalam ruangan.

GAYA HIDUP | 8 Maret 2021

MS Glow Cosmetic Siap Bersaing dengan Produk Luar Negeri

Memulai usaha pertama kali pada tahun 2013, MS Glow Cosmetic berhasil membuktikan bahwa produk lokal tidak kalah bersaing dari produk-produk internasional.

GAYA HIDUP | 8 Maret 2021

Air Fryer, Alat Penggorengan Modern yang Sehat

Air Fyer merupakan penggorengan modern yang hanya menggunakan sedikit minyak sehingga cocok bagi mereka yang ingin memiliki pola makan sehat.

GAYA HIDUP | 8 Maret 2021

Begini Strategi Sandiaga Uno untuk Pulihkan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nasional

Pertama terkait program stimulus hibah pariwisata.

GAYA HIDUP | 8 Maret 2021

Asensi Dukung Kebangkitan UMKM Kuliner di Balikpapan

Asensi mengapresiasi pembukaan BSB Food Court dengan konsep baru menjadi momentum kebangkitan pelaku usaha kecil menengah (UKM) khususnya F&B.

GAYA HIDUP | 7 Maret 2021

Tak Hanya Jadi Alas Kaki, Sepatu Kini Juga Jadi Bagian Fashion Wanita

Di era modern ini fungsi sepatu tidak lagi sekadar alat pelindung kaki, tetapi menjadi bagian dari fashion.

GAYA HIDUP | 7 Maret 2021

Bidik Pasar Kuliner di Menteng, Goban Takeout Buka Gerai Ke-5

Outlet Goban di Menteng yang terletak di Dsalon Food Court, Jalan Timor No.4, ini juga mengusung sistem dine-in.

GAYA HIDUP | 6 Maret 2021

Dermaster Klinik Lebarkan Sayap ke Balikpapan

Dermaster Klinik membuka cabang baru di Balikpapan, Kalimantan Timur.

GAYA HIDUP | 6 Maret 2021

Antis Gandeng Tiket.com Dukung Pemulihan Sektor Pariwisata

Antis bekerja sama dengan tiket.com untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata dari dampak pandemi Covid-19.

GAYA HIDUP | 5 Maret 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS