Menikmati Bakpao Empuk dengan Isian Melimpah Ala Bakpao Bang Alek
Logo BeritaSatu

Menikmati Bakpao Empuk dengan Isian Melimpah Ala Bakpao Bang Alek

Selasa, 6 April 2021 | 17:23 WIB
Oleh : Irawati D Astuti / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Bakpao berasal dari gabungan kata "Pao" dan "Bak" dan berasal dari Tiongkok ratusan tahun lalu. Pao memiliki arti bungkusan dan bak memiliki arti daging. Jadi, bakpao bisa diartikan sebagai bungkusan yang berisi daging.

Kini, bakpao menjadi salah satu kuliner populer di dunia, termasuk di Indonesia. Popularitasnya di Tanah Air tak hanya terbatas pada restoran-restoran kelas atas saja. Bakpao bahkan banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima, dengan isian yang beraneka ragam.

Ya, bakpao kini telah bergeser cukup jauh dari makna awalnya "bungkusan berisi daging". Sebab, di Indonesia kini banyak bermunculan bakpao dengan isian coklat, keju, ayam, hingga martabak.

Salah satu yang patut dicoba adalah bakpao yang dijual oleh Bakpao Bang Alek. Bakpaonya berukuran cukup besar, sekitar 70 gram per buah. Adonannya empuk dan lembut, dengan isian yang melimpah. Bahkan, jika tidak berhati-hati, isian bakpao dari Bakpao Bang Alek bisa meluber hingga ke tangan, pipi, dan baju, lho.

Adalah Alexander C Suban yang merintis bisnis Bakpao Bang Alek bersama istri dan temannya.

"Saya pakai slogan Bakpao Bang Alek, anak intelek. Bakpaonya tembem, isinya tumpe-tumpe," kisah Alex dalam perbincangan dengan Beritasatu.com, Selasa (6/4/2021).

Alex berkisah, kelebihan bakpao buatannya adalah tanpa pemutih dan pelembut makanan. Proses pembuatan bakpao juga steril mengikuti protokol kesehatan, yakni mencuci tangan dan menggunakan masker.

“Proses pembuatan bakpao aman, terlebih setelah dibentuk, bakpao masih melalui proses kukus dahulu,” katanya.

Saat ini, Bakpao Bang Alek tersedia dalam 12 varian. Di antaranya adalah Cokelat, Keju, Kacang Hijau, Kacang Merah, Kacang Tanah, Nanas, Martabak, Ayam Kecap, Bakso Ayam, Ayam Sambal Matah, hingga Ayam Telur Asin.

Beritasatu.com sih paling suka dengan varian Martabak dan Ayam Telur Asin. Sebab, kedua varian ini boleh dibilang unik dan belum pernah dibuat oleh produsen bakpao lainnya.

Martabak berisi kacang tanah dan coklat sehingga mirip dengan isian martabak manis yang lezat menggugah selera itu.

"Ada juga Martabak Spesial, yang isiannya adalah kacang tanah, coklat, dan keju," jelas Alex.

Sedangkan Ayam Telur Asin berisikan isian ayam kecap ditambah dengan kuning telur asin. Perpaduan ayam kecap yang manis dan kuning telur asin yang masir dan gurih benar-benar sempurna.

Saat ini, Bakpao Bang Alek dijajakan secara online lewat akun instagram @bakpau_bangalek . Lewat layanan online, Alex menjual bakpao frozen atau beku yang bisa dikirim ke berbagai wilayah di Tanah Air melalui jasa ekspedisi.

Untuk yang ingin langsung menjajalnya, Bakpao Bang Alek hadir tiap akhir pekan di kawasan Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Alex biasanya menjajakan bakpao hangat dari mobilnya yang berwarna merah. Senada dengan ciri khas maskot Bakpao Bang Alek yang mengenakan celemek dan kopiah merah.

"Untuk harga, kami jual bakpao mulai dari Rp 10.000-an hingga Rp 20.000," kata Alex.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Hadirkan Koleksi Terbaru, Croix Gandeng Jovi Adhiguna

Sebanyak 50 selebritas ternama ikut merayakan eksklusif koleksi kolaborasi Jovi Adhiguna dan Croix ini, mulai dari Nagita Slavina, Luna Maya, Rossa, dan lainnya

GAYA HIDUP | 6 April 2021

Desain Kedai Kopi Se-Indonesia Usung Keindahan Nusantara

Garap desain kedai kopi Se-Indonesia, RajaRenov dan S.O.K Design mengusung nusana keindahan Indonesia.

GAYA HIDUP | 6 April 2021

Konsumen Produk Muslim Tumbuh 100% di Masa Pandemi

Lazada Amanah diklaim sebagai satu-satunya kanal di platform e-commerce yang menyediakan fitur produk muslim terkurasi halal.

GAYA HIDUP | 6 April 2021

Rencanakan Liburan Matang Lewat Kampanye Mendadak OTW

Tiket.com fokus 100% untuk mendorong popularitas destinasi wisata domestik dalam rangka pemulihan industri pariiwsata nasional.

GAYA HIDUP | 6 April 2021

Sensasi Aneka Jajanan Aci Rasa Korea di Acihuy

Aneka jajanan yang terbuat dari bahan dasar tepung tapioka atau dikenal aci kini tengah menjadi tren dan kegemaran masyarakat Indonesia.

GAYA HIDUP | 5 April 2021

Menikmati Pizza Kayu Bakar Sambil Bernostalgia di Sultan Pizzeria

Restoran berkonsep ruang terbuka hijau ini mengajak pengunjung untuk menikmati pizza kayu bakar sambil bernostalgia dengan musik lawas.

GAYA HIDUP | 5 April 2021

Mencoba Resep Makanan Jadi Trend di Tengah Pandemi

Selama pandemi Covid-19, banyak yang mengisi kesibukan mereka dengan kembali ke dapur menyalurkan hobi memasak dengan mencoba berbagai aneka resep makanan.

GAYA HIDUP | 4 April 2021

Ini Lima Keunggulan Pewarna Rambut Organik

Pewarna rambut organik bersifat lebih tahan lama dibandingkan warna kimiawi.

GAYA HIDUP | 3 April 2021

Simpel Elegan, Kiat Nigoya Syar’i Sukses di Pasar Busana Syar’i

Gaya busana syar’i yang simpel dan elegan menjadi salah satu kiat Nigoya Syar’i sukses meraup untung di bisnis busana syar’i.

GAYA HIDUP | 2 April 2021

Ini Pesan Sandiaga Uno Dorong untuk Pelaku Ekonomi Kreatif

Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan pesan untuk pelaku ekonomi kreatif.

GAYA HIDUP | 2 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS