Bakpao Bang Alek Mengulik Peluang Bisnis di Tengah Pandemi
Logo BeritaSatu

Bakpao Bang Alek Mengulik Peluang Bisnis di Tengah Pandemi

Selasa, 6 April 2021 | 17:38 WIB
Oleh : Irawati D Astuti / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Berbisnis makanan sudah lama menjadi keinginan dalam benak Alexander C Suban. Apalagi, ia memang suka sekali berwisata kuliner dan menjajal berbagai jenis makanan baru.

Barulah saat pandemi Covid-19 menghantam dunia, obsesi lama Alex itu terwujud. Tepatnya pada 7 Februari 2021, Alex dan rekannya memperkenalkan Bakpao BangAlek di kawasan Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Langkah pertama untuk memulai bisnis bakpao ini juga sedikit nekad. Pasalnya, Alex tidak memiliki kafe atau gerai khusus untuk memperkenalkan bakpao andalannya.

“Saya dan rekan memilih memulai bisnis dengan berjualan menggunakan mobil di kawasan Sentul City. Di tengah pandemi ini, kami mencari model bisnis dengan modal yang minim, namun masih bisa menguntungkan. Alhasil, kami memulai dengan berjualan dengan mobil dulu, sekalian untuk melihat respons pembeli seperti apa,” kata Alex dalam perbincangannya dengan Beritasatu.com, Selasa (6/4/2021).

Memulai bisnis di tengah pandemi diakui Alex sangat menantang. Di saat banyak orang kehilangan pekerjaan karena PHK, Alex justru mencoba melihat sisi positif dari pandemi Covid-19.

Sisi positif dari kondisi pandemi ini adalah semakin tingginya kesadaran masyarakat pada makanan sehat, makanan yang tidak digoreng namun tetap lezat di mulut. Bakpao adalah salah satunya, karena proses pembuatannya dikukus tanpa menggunakan minyak.

Selain lebih sehat karena tidak digoreng, kelebihan Bakpao Bang Alek juga tanpa pemutih dan pelembut makanan. Proses pembuatan bakpao juga steril mengikuti protokol kesehatan, yakni mencuci tangan dan menggunakan masker.

Kenapa pilih bakpao?

Alex mengaku, ternyata ada cerita khusus yang menjadi latar belakang Alex memilih berjualan bakpao. Semasa kecil, Alex selalu menemani ibunya memeriksa kandungan di RS Bersalin Bunda, Menteng, Jakarta Pusat.

“Selama menunggu ibu saya cek kandungan, saya selalu dibelikan bakpao. Kenangan masa kecil itu sangat melekat. Makan bakpao yang tembem dan nikmat,” kata pria yang juga berprofesi sebagai fotografer di sebuah media cetak ini.

Kenangan masa kecil Alex ini menjadi pemicu untuk membuka bisnis bakpao. Untung saja, Alex memiliki teman yang juga lihai membuat bakpao.

“Saya dan istri memiliki teman yang lihai membuat bakpao. Akhirnya istri saya memutuskan untuk belajar dengan temannya, dan kami sepakat menjual bakpao secara online dan offline di kawasan Sentul,” cerita Alex.

Menjual secara online, diakui Alex juga sangat membantu di tengah pandemi. Khusus untuk promosi bakpao tembemnya, Alex menggunakan media sosial, baik lewat Instagram @bakpau_bangalek dan YouTube di channel Bakpao Bang Alek.

Sementara untuk varian isian bakpao, Bang Alek saat ini baru ada 12 rasa dengan kisaran harga Rp 10.000-an sampai Rp 20.000. Varian yang saat ini ditawarkan antara lain cokelat, kacang hijau, kacang tanah, kacang merah, keju, nanas, cokelat kacang (martabak), cokelat kacang keju (martabak special), ayam kecap, ayam sambal matah, bakso ayam, dan ayam telur asin.

“Rasa favorit yang selalu sold out adalah ayam kecap, ayam sambal matah, bakso ayam, martabak, dan cokelat. Ke depan, akan nada rasa baru yang sedikit pedas. Jadi tunggu saja kabar baik dari Bakpao Bang Alek ya sobat tembem semua,” ujar Alex menutup perbincangan.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Menikmati Bakpao Empuk dengan Isian Melimpah Ala Bakpao Bang Alek

Bakpaonya berukuran cukup besar, sekitar 70 gram per buah. Adonannya empuk dan lembut, dengan isian yang melimpah.

GAYA HIDUP | 6 April 2021

Hadirkan Koleksi Terbaru, Croix Gandeng Jovi Adhiguna

Sebanyak 50 selebritas ternama ikut merayakan eksklusif koleksi kolaborasi Jovi Adhiguna dan Croix ini, mulai dari Nagita Slavina, Luna Maya, Rossa, dan lainnya

GAYA HIDUP | 6 April 2021

Desain Kedai Kopi Se-Indonesia Usung Keindahan Nusantara

Garap desain kedai kopi Se-Indonesia, RajaRenov dan S.O.K Design mengusung nusana keindahan Indonesia.

GAYA HIDUP | 6 April 2021

Konsumen Produk Muslim Tumbuh 100% di Masa Pandemi

Lazada Amanah diklaim sebagai satu-satunya kanal di platform e-commerce yang menyediakan fitur produk muslim terkurasi halal.

GAYA HIDUP | 6 April 2021

Rencanakan Liburan Matang Lewat Kampanye Mendadak OTW

Tiket.com fokus 100% untuk mendorong popularitas destinasi wisata domestik dalam rangka pemulihan industri pariiwsata nasional.

GAYA HIDUP | 6 April 2021

Sensasi Aneka Jajanan Aci Rasa Korea di Acihuy

Aneka jajanan yang terbuat dari bahan dasar tepung tapioka atau dikenal aci kini tengah menjadi tren dan kegemaran masyarakat Indonesia.

GAYA HIDUP | 5 April 2021

Menikmati Pizza Kayu Bakar Sambil Bernostalgia di Sultan Pizzeria

Restoran berkonsep ruang terbuka hijau ini mengajak pengunjung untuk menikmati pizza kayu bakar sambil bernostalgia dengan musik lawas.

GAYA HIDUP | 5 April 2021

Mencoba Resep Makanan Jadi Trend di Tengah Pandemi

Selama pandemi Covid-19, banyak yang mengisi kesibukan mereka dengan kembali ke dapur menyalurkan hobi memasak dengan mencoba berbagai aneka resep makanan.

GAYA HIDUP | 4 April 2021

Ini Lima Keunggulan Pewarna Rambut Organik

Pewarna rambut organik bersifat lebih tahan lama dibandingkan warna kimiawi.

GAYA HIDUP | 3 April 2021

Simpel Elegan, Kiat Nigoya Syar’i Sukses di Pasar Busana Syar’i

Gaya busana syar’i yang simpel dan elegan menjadi salah satu kiat Nigoya Syar’i sukses meraup untung di bisnis busana syar’i.

GAYA HIDUP | 2 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS