Ini Cara Influencer Laura Seca Ajak Anak Muda Peduli Sampah
Logo BeritaSatu

Ini Cara Influencer Laura Seca Ajak Anak Muda Peduli Sampah

Kamis, 15 April 2021 | 11:50 WIB
Oleh : Mardiana Makmun / MAR

JAKARTA, Beritasatu.com– Influencer dan pemain glof Laura Seca sangat peduli pada lingkungan. Laura punya cara mengajak masyarakat, terutama anak-anak muda untuk peduli pada lingkungan terutama masalah sampah.

"Saya memang peduli dengan lingkungan. Sebagai pegolf, saya pernah bermain di banyak lapangan golf yang indah di seluruh dunia. Ironisnya, di antara hamparan hijau asri hamparan rumput dan tanaman di lapangan golf, saya justru melihat adanya sampah di beberapa aliran sungai, saluran air, atau danau. Akibatnya, warna air yang harusnya biru jernih, menjadi coklat,” ujar Laura yang telah menjadi pegolf sejak usia 9 tahun.

Menumpuknya sampah, lanjut Laura, telah merusak keindahan dan kenyamanan lingkungan serta ikut menyumbang polusi udara. “Sebagai anak muda, saya tergerak, saya ingin membantu mencari solusi. Hal yang paling sederhana yang saya lakukan adalah mengontrol, mengurangi sampah yang saya hasilkan dalam sehari," jelas remaja kelahiran California pada 12 Mei 2004.

Laura bercerita, kesibukannya mengejar prestasi di bidang golf, tidak membutakan matanya pada kondisi lingkungan sekitar. Bagi Laura, anak muda harus memiliki peran utama dalam membawa perubahan, termasuk mengubah paradigma berpikir masyarakat mengenai sampah, khususnya di Indonesia. Siswa kelas 11 program IB diploma di SMA British School Jakarta ini bergerak melalui Gerakan Junior Golfers For A Cause.

“Tujuan gerakan Junior Golfers For A Cause adalah melakukan kegiatan sosial berupa pengumpulan donasi untuk disumbangkan ke organisasi yang bergerak di konservasi atau edukasi lingkungan hidup. Cara mengumpulkan donasi ini cukup unik, yaitu dengan melakukan 'juggling golf ball', untuk setiap seribu rupiah yang masuk,” jelas Laura yang telah mengikuti turnamen golf sejak usia 12 tahun.

Kegiatan ini, kata Laura, telah dilakukan sejak 25 Maret lalu, dan akan berlangsung hingga 30 April 2021. Saat ini donasi yang sudah terkumpul sekitar Rp6.500.000. Ini artinya Laura dan teman-temannya sudah memantulkan bola golf sebanyak 6.500 kali.

Rencananya, donasi yang terkumpul akan diserahkan pada Teens Go Green Indonesia, sebuah komunitas anak muda yang melakukan kegiatan edukasi lingkungan bagi para remaja. "Saya memilih organisasi ini karena mereka memiliki program mendidik anak remaja tentang bahayanya sampah plastik di laut atau perairan kita," jelas Laura yang sempat meraih juara 3 ajang IJG (Indonesian Junior Golf) Premier League 3 di Jakarta.

Setiap orang dan siapa saja, kata Laura, dapat berpartisipasi dalam Gerakan Junior Golfers for A Cause meskipun bukan seorang pegolf. Ada berbagai cara untuk berpartisipasi: Anda dapat menyumbang dengan ‘balasan’ pegolf junior akan melakukan latihan “juggling” bola golf. Minimum donasi Rp100.000 untuk 100 juggles.

“Selain itu, masyarakat pecinta golf bisa berpartisipasi dengan menunjukkan kebolehannya bermain golf dengan melakukan juggling bola golf dalam sebuah video dan mengirimkannya ke email juniorgolf2021@gmail.com. Video akan di upload di youtube Junior Golfers For A Cause. (tidak harus “juggling” dalam jumlah banyak). Setiap tindakan kecil atau besar akan sangat dihargai," tambahnya.

Gerakan ini tidak hanya berlangsung satu atau dua bulan, tapi akan terus berlanjut hingga akhir 2021. "Ya, saya berencana untuk melanjutkan kampanye ini selama tahun ini dan memberikan donasi yang terkumpul untuk beberapa proyek berbasis lingkungan lainnya," ujar Laura yang pernah mengikuti ajang FOBISIA (Federation of British International Schools in Asia) di Yangon, Myanmar.

Junior Golfer for a Cause ini sebetulnya bukan gerakan pertama Laura dalam perhatiannya pada lingkungan. Setahun sebelumnya ia dan teman-temannya sudah menciptakan bisnis kecil bernama Boba Gals. “Kami menjual minuman dan makanan boba. Keuntungan yang kami peroleh dari bisnis ini kami sumbangkan ke beberapa proyek yang berhubungan dengan kesehatan, lingkungan, dan pendidikan," Laura menjelaskan.

Ketertarikan Laura pada lingkungan bisa dibilang serius, ia bahkan berkeinginan kuliah di universitas di Amerika Serikat dan mempelajari ilmu lingkungan atau ilmu teknik lingkungan. “Saya berharap, pengetahuan dan pengalaman yang saya dapatkan, akan bermanfaat untuk membantu untuk memperbaiki lingkungan dan mengurangi sampah yang menumpuk di perairan kita,” ujar Laura yang bercita-cita dapat ikut berkompetisi di beberapa turnamen profesional/amatir baik di Asia maupun di Amerika Serikat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Tren Smoky Eye Menginspirasi Peluncuran Kreasi Smoky Hair

Warna-warna seperti grey, purple, brown, ash masih mendominasi top 5 dalam pewarnaan rambut yang digemari konsumen.

GAYA HIDUP | 15 April 2021

Gowes Berbagi Kebaikan, Ajakan Berdonasi dengan Cara Seru

Blibli mengadakan penggalangan donasi sembako lewat program Gowes Berbagi Kebaikan berkolaborasi dengan Foodcycle Indonesia.

GAYA HIDUP | 14 April 2021

Bahan Herbal Berikan Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Selama menjalani puasa di bulan Ramadan cukup baik mengonsumsi bahan bahan herbal seperti jamu maupun suplemen herbal.

GAYA HIDUP | 14 April 2021

Tinggalkan Marketplace, Merek Lokal Ini Kembangkan Situs Pribadi

Awalnya ia sempat menggunakan jasa marketplace tetapi kini mantap menggunakan situs pribadi.

GAYA HIDUP | 14 April 2021

Ini Khasiat 13 Minyak Esensial Rempah Indonesia

Indonesia sangat kaya tanaman rempah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu pemanfaatannya adalah diekstrak menjadi minyak esensial atau minyak atsiri, untuk dihirup, diminum, hingga dibalurkan ke bagian tubuh yang sakit.

GAYA HIDUP | 14 April 2021

Fashionpreneur Lokal Meningkat di Masa Pandemi

Fashionpreneur brand lokal terus meningkat di masa pandemi.

GAYA HIDUP | 14 April 2021

Klean Kanteen Dorong Kampanye Ramah Lingkungan

Untuk bumi yang lebih baik, Klean Kanteen mendorong kampanye ramah lingkungan

GAYA HIDUP | 14 April 2021

Heslin Luncurkan Produk Lip Matte Tahan Lama

Heslin Beauty, sebuah brand kecantikan lokal yang berpusat di Surabaya, meluncurkan produk pertama dalam rangkaian make-up-nya yang bertajuk Hei Lip Matte.

GAYA HIDUP | 13 April 2021

Cokelat, Camilan Keluarga Selepas Salat Tarawih

Menyantap makanan ringan atau camilan setelah salat tarawih menjadi salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia di bulan Ramadan.

GAYA HIDUP | 13 April 2021

Merche Tawarkan Produk Berkualitas dan Terjangkau

Merche meluncurkan produk-produk tas terjangkau yang berkualitas.

GAYA HIDUP | 13 April 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS