Logo BeritaSatu

Menparekraf Siapkan Pengembangan Zona Hijau Bali dan Tiga Gili Lombok

Jumat, 7 Mei 2021 | 13:43 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / IDS

Lombok Utara, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, segera menyiapkan pola perjalanan (travel pattern) yang menghubungkan zona hijau di Bali dengan Lombok. Yang dimaksud adalah kawasan Sanur yang merupakan satu dari tiga daerah yang ditetapkan sebagai zona hijau oleh Pemerintah Provinsi Bali dan kawasan tiga gili (Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air) di Lombok Utara.

Saat melakukan kunjungan ke Gili Trawangan, Lombok Utara, Sandiaga mengatakan, kawasan tiga gili merupakan zona hijau karena nol kasus Covid-19.

"Kita akan membangun travel pattern karena zona ini (tiga gili) adalah zona hijau dengan belum ada case (Covid-19) di sini. Karena zero case, ini menarik untuk bisa diinterkoneksikan dengan zona hijau yang lain yaitu Sanur di Bali," kata Menparekraf Sandiaga Uno, dalam keterangannya, Jumat (7/5/2021).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut adalah Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah dan Wakil Bupati Tengah M. Nursiah.

Kemparekraf dikatakannya akan mendorong peran aktif industri untuk dapat membuat paket-paket wisata yang bisa ditawarkan. Dukungan dari seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sangat penting untuk dapat kembali menata ulang pariwisata era baru berbasis alam dan budaya yang berkualitas dan berkelanjutan.

"Kita akan bekerja sama dengan pelaku di sektor pariwisata di Bali untuk menjual paket-paket yang bisa jadi alternatif. Misal Juni atau Juli, Bali bisa dibuka (untuk wisatawan mancanegara) dengan keadaan Covid-19 yang lebih baik, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin kita bisa buka juga untuk Gili," ujar Sandiaga.

"Kita juga akan mendorong penyelenggaraan event, karena event adalah salah satu yang paling cepat dalam mendorong pergerakan wisatawan nusantara. Tetap wajib menerapkan prokes dengan disiplin," kata Sandiaga.

Menparekraf yang dalam kesempatan itu melakukan dialog dengan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Gili Trawangan, juga mengatakan akan mendorong peningkatan produk-produk ekonomi kreatif. Kemparekraf akan menyiapkan pendampingan dan peningkatan kapasitas para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) dengan berbagai program yang dimiliki Kemparekraf.

Mulai pendampingan agar pelaku ekraf memanfaatkan platform digital secara maksimal, serta peningkatan kapasitas. Di antaranya "Bedakan", program peningkatan dan pengembangan usaha bagi pelaku kreatif kuliner melalui pemahaman fungsi penting kemasan produk dan redesain kemasan juga "Begerak", bantuan revitalisasi untuk peningkatan fungsi estetika, fungsi displai, fungsi kesehatan, serta fungsi produksi dari gerai kuliner, dan program-program lainnya.

"Saya bersama Pak Gubernur langsung ke Gili Trawangan dan mendapatkan masukan dari para pelaku dan juga wakil bupati. Kita berkomitmen untuk membangkitkan dan memulihkan pariwisata Gili Trawangan dengan beberapa program yang mudah-mudahan langsung bisa tereksekusi dan dirasakan masyarakat," kata Sandiaga.

Sementara Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, mengajak masyarakat lokal untuk dapat berkunjung ke kawasan Tiga Gili. Dengan berbagai program dan penawaran khusus yang dimiliki para pelaku industri saat ini, tentu akan menjadi tawaran yang menarik.

"Saat ini harga yang ditawarkan relatif murah untuk ke Gili, terjangkau. Selama ini kita fokus ke wisatawan mancanegara, tapi ternyata ada wisatawan nusantara di depan mata yang belum kita sentuh dengan totalitas sebelumnya," kata Zulkieflimansyah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

32 Menit Perdagangan, Rupiah Menguat 32 Poin ke Rp 15.215

Transaksi mata uang Garuda atau rupiah pagi ini diperdagangkan dalam kisaran Rp 15.188- Rp 15.220 per dolar AS.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Tegaskan Liga 1 sampai Liga 3 Dihentikan Sementara

Mahfud MD menegaskan semua kompetisi di bawah naungan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dihentikan sementara.

NEWS | 5 Oktober 2022

Korsel dan AS Latihan Tembak Rudal Balas Tindakan Sembrono Korut

Militer Korsel dan AS melakukan latihan tembak rudal sebagai tanggapan atas peluncuran rudal balistik Korea Utara (Korut) di atas Jepang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Wabah Kolera di Malawi, 110 Orang Meninggal sejak Maret

Wabah kolera di Malawi telah menyebar ke-22 dari 28 distrik di negara itu hingga membunuh 110 orang serta menulari 3.891 orang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Apresiasi TNI yang Terus Jaga Kedaulatan Bangsa

Presiden Jokowi menyampaikan selamat HUT ke-77 kepada TNI di mana pun prajurit berada dan bertugas.

NEWS | 5 Oktober 2022

Bareskrim Limpahkan Berkas Tersangka Kasus Brigadir J

Polri akan melimpahkan tersangka kasus dugaan pembunuhan terhadap Brigadir J dan obstruction of justice pada hari ini, Rabu (5/10/2022)

NEWS | 5 Oktober 2022

Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka

Presiden Jokowi  memimpin upacara peringatan HUT ke-77 TNI di Halaman Depan Istana Merdeka, Jakarta.

NEWS | 5 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Korban Meninggal Jadi 131 Orang

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, sebanyak 131 orang meninggal dunia dalam tragedi Kanjuruhan pascakericuhan di Stadion Kanjuruhan

NEWS | 5 Oktober 2022

Polri Perbaharui Data Korban Tragedi Kanjuruhan, 131 Meninggal

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebutkan jumlah korban meninggal tragedi Kanjuruhan sebanyak 131 orang.

NEWS | 5 Oktober 2022

Pilot Presiden Irwanda Syafriadi, Orang Kampung ke Amerika

Bagi Mayor (Penerbang) Irwanda Syafriadi salah satu kebahagiaan adalah saat membawa ibunya naik pesawat Herkules dari Jakarta ke Palembang.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IHSG Bertambah 50,1 Poin ke level 7.122 pada Jeda Siang

IHSG Bertambah 50,1 Poin ke level 7.122 pada Jeda Siang

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings