Logo BeritaSatu

Menparekraf: Lombok Timur Perlu Perhatian Khusus Penataan Destinasi

Jumat, 7 Mei 2021 | 14:01 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / IDS

Mataram, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengaku siap menggelontorkan Rp 3,7 triliun untuk pemulihan pariwisata di Tanah Air di masa pandemi. Namun, anggaran yang akan digulirkan ke daerah diharapkan tidak menjadi duri dalam daging.

Pemerataan dan perimbangan dana pemulihan destinasi akan diberikan sesuai porsi dan kondisi destinasi wisata di daerah masing-masing. Selain Lombok Tengah dengan kawasan KEK Mandalika, Sandiaga juga menyinggung destinasi di Lombok Timur untuk penataan kawasan wisata halal Sembalun dan desa wisatanya.

"Lombok Timur perlu mendapat perhatian khusus untuk penataan destinasinya," pesan khusus Sandiaga dalam keterangan yang diterima Beritasatu.com, Jumat (7/5/2021).

Memang, dari Rp 3,7 triliun dana hibah yang disiapkan untuk pemulihan pariwisata, ada jatah untuk Nusa Tenggara Barat. "Ini kita harapkan segera terealisasi dan saya harap semua pihak bisa menjaga amanah ini," pinta Sandiaga.

Tahun lalu, dana hibah yang diperoleh NTB sebesar 40% dari total dana hibah untuk pariwisata nasional. Tahun ini jumlahnya akan ditingkatkan. "Yang jelas 40% lebih dari total anggaran pemulihan pariwisata nasional tahun ini. Kita harapkan dana hibah ini bisa secepatnya tereksekusi. Dan ingat jaga protokol kesehatan," harap Sandiaga.

Pemerhati pariwisata nasional, Taufan Rahmadi, mengamini harapan Sandiaga Uno tentang dana hibah yang dimaksud. Ia juga mengingatkan setelah dana hibah ini turun ke daerah, jangan sampai pembagian dana itu tidak merata.

"Tentu ini menjadi harapan semua insan pelaku pariwisata di NTB, sekali lagi di NTB," ujar TR, sapaan akrab Taufan, kepada Beritasatu.com.

Ia mengambil contoh wilayah Lombok Timur misalnya. Menurutnya, jangan sampai teman pelaku industri pariwisata di Lombok Timur hanya jadi penonton. Ada kabupaten lain juga seperti Sumbawa yang punya destinasi menarik perlu ditata di beberapa sudut.

Lebih jauh, TR memperinci, ada destinasi prioritas kawasan Mandalika yang sedang di-make over karena ada perhelatan MotoGP Mandalika. Di kawasan tiga gili, Gili Trawangan disiapkan menjadi bubble island pertama yang di interkoneksikan dengan obyek wisata Sanur-Bali dalam satu paket tur.

Di kawasan lingkar Rinjani ada obyek wisata Sembalun dengan predikat Halal Destination yang butuh perawatan infrastruktur dan fasilitas publik yang representatif. Di Pulau Sumbawa, potensi Pulau Moyo dengan eksotismenya disiapkan menjadi bubble island kedua NTB.

Kehadiran dana konsentrasi pariwisata pusat ini harus bisa dimanfaatkan secara adil. Kepala daerah serta kepala dinas pariwisata sebagai leading sector pembangunan juga harus bisa bersikap adil. Pembagian dan perimbangan dana hibah ini nantinya bisa menjadi motivasi dan kalangan pelaku tetap optimis menatap pariwisata di tengah pandemi ini.

NTB, secara geografis terdiri dari dua pulau besar (Lombok dan Sumbawa). Di dua pulau ini terpapar puluhan destinasi wisata potensial yang bisa saja menjadi destinasi wisata prioritas. Masing-masing destinasi memiliki kekurangan dan keunggulan masing-masing.

"Kekurangan-kekurangan itulah yang seharusnya ditata, promosi dan peningkatan sumber daya manusianya," pungkas TR.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anies Maju Capres 2024, Wagub: Saya Dukung Prabowo

Anies Baswedan dicalonkan sebagai presiden pada Pemilu 2024. Namun, Wagub DKI Riza Patria hanya akan mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

NEWS | 4 Oktober 2022

Capaian Vaksinasi Rendah, Alasan Pemerintah Perpanjang PPKM

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM, baik di Jawa-Bali maupun di luar Jawa-Bali, salah satu alasannya karena vaksinasi Covid-19 masih rendah.

NEWS | 4 Oktober 2022

Pengamat Militer: Oknum Prajurit TNI “Tendangan Kungfu” Harus Disanksi Tegas

Khairul Fahmi meminta agar oknum prajurit TNI yang melakukan kekerasan “tendangan kungfu” diberi sanksi tegas.

NEWS | 4 Oktober 2022

Surya Paloh Pastikan Pencapresan Anies Baswedan Tidak Terkait Isu di KPK

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menegaskan langkah pencapresan Anies Baswedan tidak terkait dengan isu dugaan kasus korupsi Formula E Jakarta di KPK.

NEWS | 4 Oktober 2022

Besok, Ferdy Sambo Dkk Dilimpahkan ke Kejari Jaksel

Polri akan melimpahkan Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J

NEWS | 4 Oktober 2022

Stok Habis, Vaksinasi Covid-19 Kota Bogor Dihentikan Sementara

Seluruh sentra vaksinasi Covid-19 di Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), dihentikan sementara, karena stok vaksin tak tersedia.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Buka Peluang Ungkap Hasil Penyelidikan Kasus Formula E

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka peluang untuk mengungkapkan hasil yang diperoleh dalam proses penyelidikan kasus Formula E Jakarta.

NEWS | 4 Oktober 2022

Hari Ini, Polri Limpahkan Barang Bukti Kasus Brigadir J

Polri melimpahkan barang bukti kasus tewasnya Brigadir J dan obstruction of justice ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan, hari ini.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Bakal Bahas Kelanjutan Penanganan Kasus Surya Darmadi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal membahas soal kelanjutan penanganan kasus dugaan suap bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Tak Segan Bantarkan Penahanan Lukas Enembe jika Betul Sakit

KPK menegaskan tak segan untuk membantarkan penahanan terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe jika yang bersangkutan terbukti menderita sakit.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Anies Maju Capres 2024, Wagub: Saya Dukung Prabowo

Anies Maju Capres 2024, Wagub: Saya Dukung Prabowo

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings