Logo BeritaSatu

Industri Kreatif Jadi Tulang Punggung Perekonomian di Masa Depan

Rabu, 14 Juli 2021 | 15:11 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyatakan, kecintaan 270 juta rakyat Indonesia yang bangga buatan Indonesia, merupakan kunci bagi perkembangan industri kreatif nasional.

Terlebih, Kementerian Perindustrian (Kemperin) terus mendorong generasi muda untuk menjadi pelaku industri kreatif melalui berbagai program peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) dan teknologi.

Direktur PT Kenari Djaja Prima, Hendry Sjarifudin, mengatakan industri kreatif diyakini bakal menjadi tumpuan perekonomian Indonesia di masa depan.

"Untuk itu dibutuhkan dukungan dari stakeholders terkait, mulai dari akademisi, pelaku bisnis, komunitas masyarakat, pemerintah, serta media,” kata Hendry Sjarifudin dalam seminar interior yang diadakan Kenari Djaja Prima bersama Himpunan Desainer Interior Indonesi (HDII) dan Prodi Desain Interior Universitas Mercu Buana (UMB), Rabu (14/7/2021).

Menurut Hendry, kemajuan teknologi telah membawa perubahan pada dunia desain interior yang erat kaitannya dengan bidang arsitektural, terutama dalam memanfaatkan sistem teknologi digital.

"Dogma atau arahan tentang desain yang diajarkan kepada mahasiwa, kini tidak lagi tegak lurus seperti pendahulunya, kecuali memanfaatkannya sebagai filosofi atau latar belakang sebuah keberhasilan desain saat itu,” imbuhnya.

Ketum HDII, Rohadi mengatakan, HDII menganggap penting untuk menerima masukan dari mereka yang lebih akrab dengan teknologi modern dalam mengembangkan desain dan industri kreatif di masa depan.

"Desain dan industri kreatif itu, dasarnya adalah ide dan gagasan yang dituangkan dalam kreativitas nyata, dan ini butuh dukungan semua pihak untuk bisa tumbuh," kata Rohadi.

Seminar kali ini mendengarkan 7 desainer muda tentang pengertian desain interior sekarang dan mendatang yang lebih responsible dan semakin menarik.

Enam desainer angkatan milenial menyampaikan pendapat dan pikirannya kepada peserta seminar tentang dunia desain interior berdasarkan pengalaman berprofesi dan menemukan berbagai tantangan baru.

Mereka adalah desainer muda Gracia Veronica, Thufeil, Rio Setia Monata, Nydia Orlatta, Gie Sanjaya, dan Monica Louis yang berpraktik pada berbagai pekerjaan industri kreatif.

Sebagian dari mereka adalah pemilik perusahaan konsultan desain interior. Pemikiran yang berkembang dengan berbagai contoh kemajuan interior disampaikan secara menarik, dengan gaya bahasa anak muda yang mudah sekali dipahami.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi Kanjuruhan, PSSI Hentikan Liga 1 Selama Sepekan

Buntut tragedi Kanjuruhan, PSSI memutuskan untuk menghentikan BRI Liga 1 2022/2023 selama satu pekan dan melarang Arema FC menjadi tuan rumah.

NEWS | 2 Oktober 2022

Korban Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan Dikabarkan Bertambah Jadi 62 Orang

Korban tewas dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya dikabarkan bertambah menjadi 62 orang. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Arema FC Akan Dilarang Jadi Tuan Rumah di Sisa Musim Liga 1

Komisi Disiplin PSSI menegaskan bahwa Arema FC bisa terkena sanksi tidak dapat menjadi tuan rumah di sisa laga BRI Liga 1 2022/2023.

NEWS | 2 Oktober 2022

Video: Gas Air Mata Bikin Massa di Kanjuruhan Panik

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya, Sabtu (1/10/2022) diduga disebabkan karena penggunaan gas air mata di Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ini Video Ribuan Suporter Merangsek Masuk Lapangan

Beredar video yang menunjukkan suporter merangsek masuk lapangan usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan: Aturan FIFA, Gas Air Mata Terlarang

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) diduga disebabkan karena penggunaan gas air mata.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, PSSI: Arema Bisa Kena Sanksi Keras

Kerusuhan terjadi di Stadion Kanjuruhan setelah laga BRI Liga 1 antara Arema FC dan Persebaya Surabaya, Sabtu, 1 Oktober 2022.

NEWS | 2 Oktober 2022

Persebaya Berduka atas Korban Tewas dalam Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Persebaya Surabaya menyampaikan duka cita atas jatuhnya korban jiwa dalam kerusuhan usai laga melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi di Kanjuruhan, PSSI Segera Investigasi

PSSI segera melakukan investigasi terkait kerusuhan yang berujung tragedi di dalam Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022

Gas Air Mata Dituding Penyebab Jatuhnya Korban di Kanjuruhan

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya dipandang karena tembakan gas air mata di dalam Stadion Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekan <em>Stunting</em>, BKKBN Sulsel Sosialisasikan Bangga Kencana

Tekan Stunting, BKKBN Sulsel Sosialisasikan Bangga Kencana

NEWS | 30 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings