Logo BeritaSatu

Sambut PON XX, Pemprov Papua Luncurkan Aplikasi Papua Tourism

Rabu, 18 Agustus 2021 | 21:16 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah provinsi (Pemprov) Papua meluncurkan aplikasi Papua Tourism dan Gerai Honai Papua untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan PON XX Papua yang digelar pada 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Sub Koordinator Pameran dan Pentas Seni Budaya Provinsi Papua, Enrico Yory Kondologit mengatakan, kedua program tersebut adalah merupakan wujud dari hasil identifikasi dan inventarisasi potensi budaya dan objek wisata yang berada di 4 klaster PON XX Papua yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke, termasuk 2 wilayah buffer, Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Jayawijaya.

“Tujuan dari Launching Aplikasi Papua Tourism adalah untuk mengenalkan dan mempromosikan seluruh objek wisata yang ada di 4 klaster PON XX Papua baik itu wisata alam, wisata budaya maupun wisata sejarah dan sebagai e-commerce penjualan produk budaya secara online,” ujar Enrico dalam acara launching aplikasi Papua Tourism, Rabu (18/8/2021).

Sambut PON XX, Pemprov Papua Luncurkan Aplikasi Papua Tourism

Enrico menjelaskan, tujuan program Gerai Honai Papua adalah mengenalkan dan memasarkan semua hasil produk budaya dari 4 klaster PON XX Papua, seperti anyaman tas dan noken, ukiran, lukisan kulit kayu, gerabah dan kuliner lokal secara online melalui Aplikasi Papua Tourism.

“Selain itu, kehadiran Gerai Honai Papua ditujukan untu penjualan langsung kepada seluruh atlet, official dan tamu undangan yang akan datang ke Papua dalam pelaksanaan PON XX di bulan Oktober mendatang,” jelasnya.

Menurut Enrico, melalui aplikasi Papua Tourism dan Gerai Honai Papua diharapkan semua produk budaya yang dibuat oleh masyarakat Papua di 5 wilayah adat/budaya yang tersebar dalam 4 zona ekologi di Papua, dapat memanfaatkannya untuk menjual hasil karya mereka.

“Sehingga dapat menjadi sumber penghasilan dan meningkatkan pereknomian masyarakat Papua selama pelaksanaan PON XX,” tandas Erico.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Presiden Jokowi Perintahkan Mahfud MD Reformasi Hukum

Presiden Jokowi memerintahkan Menko Polhukam Mahfud MD untuk mereformasi hukum menyusul OTT hakim agung MA Sudrajad Dimyati oleh KPK. 

NEWS | 26 September 2022

Ancaman Perang Nuklir, Zelensky Yakin Rusia Tak Hanya Menggertak

Volodymyr Zelensky meyakini pihak Rusia sudah bukan lagi melakukan gertak untuk melakukan perang nuklir, dan ancaman itu bisa menjadi kenyataan.

NEWS | 26 September 2022

Soal Dudung-Effendi Simbolon, Ini Saran KH Marsudi Syuhud

Tokoh nasional KH Marsudi Syuhud meminta semua elemen negara untuk lebih menahan diri dan tidak saling menyudutkan.

NEWS | 26 September 2022

Anies: Saringan Sampah Ciliwung Kurangi Beban Manggarai

Fasilitas penyaringan sampah yang ditempatkan di Kali Ciliwung mampu mengurangi beban sampah di Pintu Air Manggarai secara signifikan.

NEWS | 26 September 2022

Ledakan di Aspol Sukoharjo, Dugaan Kelalaian Didalami

Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi belum bisa memastikan kemungkinan adanya unsur kelalaian dalam peristiwa ledakan di sekitar Asrama Polisi (Aspol)

NEWS | 26 September 2022

CSIS: Jika Head to Head di Pilpres 2024, Anies Kalahkan Ganjar dan Prabowo

Survei CSIS menunjukkan bahwa Anies Baswedan memenangi pertarungan pilpres 2024 saat head to head dengan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto

NEWS | 26 September 2022

Menlu Retno dan Menkes Ethiopia Bahas Vaksinasi Global Covid-19

Menlu Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Kesehatan Ethiopia Lia Tadesse Gebremedhin membahas perkembangan vaksinasi global Covid-19.

NEWS | 26 September 2022

Jokowi Minta Lukas Enembe Hormati Proses Hukum di KPK

Presiden Jokowi meminta Gubernur Papua, Lukas Enembe menghormati proses hukum yang berjalan di KPK. termasuk menghadiri pemanggilan pemeriksaan dari KPK. 

NEWS | 26 September 2022

KPK Jadwalkan Periksa Anggota DPR Fraksi PKB Sofyan Ali

KPK menjadwalkan memeriksa anggota DPR dari Fraksi PKB, Sofyan Ali terkait pengembangan kasus suap pembahasan RAPBD Provinsi Jambi. 

NEWS | 26 September 2022

DKI Tambah 1 Lagi Fasilitas Penyaringan Sampah pada 2023

DKI menambah satu lagi fasilitas penyaringan sampah sungai yang akan ditempatkan di Kali Pesanggrahan

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Najwa Shihab Raih Penghargaan, Nikita Mirzani Sewot

Najwa Shihab Raih Penghargaan, Nikita Mirzani Sewot

LIFESTYLE | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings