Logo BeritaSatu

Shopping Bag IUIGA Edisi Batik Sold Out dalam 2 Hari

Senin, 1 November 2021 | 23:12 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Batik adalah hasil karya yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. Motif Batik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, motif adalah corak atau pola.

Dikutip dari dpmptsp.cianjurkab.go.id, sejarah hari batik nasional diputuskan ketika batik diakui dalam sidang ke-4 komite antar pemerintah tentang warisan budaya tak benda di Abu Dhabi.

Hari Batik Nasional diperingati pada 2 Oktober setiap tahun. Pada peringatan tahun pertamanya, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta seluruh elemen masyarakat untuk menggunakan batik setiap tanggal 2 Oktober sebagai bentuk perayaan Hari Batik Nasional.

Dalam rangka meriahkan hari Batik pada 2 Oktober 2021, IUIGA melakukan kerja sama dengan salah satu desainer batik muda RM Radinindra Nayaka Anilasuta yang masih merupakan kerabat dalam Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, dari garis keturunan trah Prof Dr RM Ng Poerbatjaraka.

Dia mendesain langsung motif batik pada tas belanja atau shopping bag IUIGA dengan tema program IUIGA yaitu Bangga Pakai Batik. Program ini dimulai dari tanggal 28-31 Oktober 2021, dimana batik ditulis oleh pembatik asal Solo, sehingga shopping bag ini sangat eksklusif dan hanya diproduksi dalam jumlah terbatas.

Managing Director IUIGA Indonesia, William Firman mengatakan, shopping bag IUIGA edisi batik ini dibagikan gratis pada setiap pembelanjaan online di atas Rp 500.000. Selama program berjalan, tas belanja IUIGA edisi batik ini langsung habis terjual alias sold out dalam dua hari saja.

"Kami berharap melalui program kerja sama ini, IUIGA dapat berpartisipasi dalam mendukung pengrajin batik yang ada di Indonesia dan memperkenalkan batik kepada lapisan masyarakat lebih luas. Batik bukan hanya sebuah seni tetapi juga kebanggaan yang harus kita jaga dan pertahankan,” ujar William Firman dalam keterangan persnya, Senin (1/11/2021).

Tidak sampai disitu saja, IUIGA juga mendukung komunitas batik Indonesia dengan menyisihkan hasil penjualan shopping bag IUIGA edisi batik sebanyak 10% untuk diberikan kepada komunitas pengrajin batik di Solo. Hal ini bertujuan untuk mendukung dan membudayakan batik Indonesia terutama dengan pembatiknya langsung.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tabrakan Beruntun Tewaskan 2 Orang, Sopir Penyebab Kecelakaan Diamankan

Tabrakan Beruntun Tewaskan 2 Orang, Sopir Penyebab Kecelakaan Diamankan

NEWS | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings