Logo BeritaSatu

Promosi Wisata Lewat Digital Percepat Pemulihan Ekonomi

Senin, 15 November 2021 | 19:09 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Dalam upaya mempercepat kebangkitan ekonomi di masa pendemi Covid-19 adalah memutar uang di dalam negeri melalui sektor wisata domestik. Salah satunya melalui kompetisi wisata berbasis usaha kecil menengah (UKM) yang mengedepankan digitalisasi bernama Milionaire Race.

“Berwisata dan mendapatkan uang jutaan rupiah akan mendorong semangat para pelaku wisata untuk menghabiskan waktu liburan mereka di dalam negeri,” kata pengusaha Indonesia lulusan State University of San Fransisco Amerika Mardigu Wowiek Prasantyo dalam keterangan tertulisnya Senin (15/11/2021).

Dia mengungkapkan, Milionaire Race adalah program kerja sama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan swasta untuk memajukan wisata yang dibungkus tantangan (challenge) dan permainan (games) berhadiah ratusan juta rupiah. Milionaire Race adalah cara kekinian berwisata bukan hanya melihat-lihat keindahan, tetapi mengabadikan pengalaman seru dan ekstrem di sosial media mereka. Nilai tertinggi setiap tantangan peserta tergantung besarnya jumlah viewer foto dan video yang di-upload.

"Pada setiap event, ada sekitar 35 tantangan permainan, mulai menari tarian daerah, membatik, kompetsisi naik becak, membuat makanan tradisional, mengenakan busana daerah sampai 100% mirip dengan contoh, hingga mainan tradisonal," kata tutur pria yang dikenal Bossman Sontoloyo ini.

Milionaire Race yang digelar untuk ketiga kalinya ini akan dilaksanakan di Jawa Tengah dan Yogyakarta bertemakan pada 18- 21 November. Acara ini akan diikuti 250 peserta dan menargetkan sebanyak 50 juta viewer di sosial media. Kemenparekraf berencana menggelar Milionaire Race ini setiap tiga bulan secara bergilir ke seluruh indonesia dengan target 1 miliar viewer. Rencananya, akan dilaksanakan di Jember, Pasuruan, Malang, dan Batu. “Dengan ratusan juta viewer di sosial media akan merangsang wisatawan berkunjung ke seluruh Indonesia dan akan membuat ratusan triliun rupiah uang berputar di dalam kekuatan ekonomi domestik Indonesia,” pungkas Bossman.

Sebelumnya Milionaire Race pertama diselenggarakan di Bali pada 2018 dan berhasil memperoleh 6 juta viewer di sosial media 210 peserta. Adapun ajang serupa kedua dilaksanakan di Bali pada April 2021 dengan 224 peserta dan mengumpulkan 27 juta viewer.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
HUT Ke-22 Apeksi, Momentum Kepala Daerah Bertukar Gagasan

HUT Ke-22 Apeksi, Momentum Kepala Daerah Bertukar Gagasan

NEWS | 5 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings