Logo BeritaSatu

AirNav Dukung Pengembangan KEK Likupang

Minggu, 28 November 2021 | 18:17 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / CAR

Manado, Beritasatu.com - AirNav Indonesia berkomitmen mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang, Minahasa Utara (Minut), Sulawesi Utara (Sulut). Dukungan tersebut antara lain dalam bentuk pelayanan navigasi penerbangan.

“Peran AirNav dalam mendukung KEK Likupang sebagai destinasi pariwisata super prioritas, khususnya dalam pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Sam Ratulangi, Manado,” kata Manajer Humas AirNav Indonesia, Yohanes Hary Douglas Sirait, Minggu (28/11/2021).

Diketahui, pemerintah sudah menetapkan lima destinasi super prioritas yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. KEK Likupang merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) super prioritas yang dikembangkan di lahan seluas 197,4 hektare di Desa Pulisan, Kecamatan Likupang Timur.

Pada Kamis (15/11/2021), Yohanes meninjau menara AirNav di Bandara Sam Ratulangi. Yohanes mengatakan Bandara Sam Ratulangi menjadi akses masuk yang potensial bagi wisatawan maupun investor ke KEK Likupang. Sebab, jaraknya hanya sekitar 33 km ke KEK Likupang dengan waktu tempuh 1 jam.

Yohanes mengatakan AirNav menyediakan slot penerbangan. Saat ini traffic penerbangan harian di Manado masih di kisaran 35-45 penerbangan, sedangkan sebelum pandemi mencapai 80 penerbangan. “Dengan masih banyaknya slot penerbangan yang tersedia, maka AirNav Indonesia siap memberikan pelayanan navigasi penerbangan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Manado,” kata Yohanes.

Lebih lanjut disampaikan, AirNav memberikan dukungan terhadap sport tourism, khususnya paralayang. Yohanes menyampaikan ada banyak spot paralayang di Manado. “AirNav berkoordinasi dengan seluruh stakeholder penerbangan termasuk FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) dan pembuatan LOCA (Letter of Operational Coordination Agreement),” ujarnya.

Adapun tujuan pembuatan LOCA ini agar sport tourism dapat berjalan sekaligus keselamatan penerbangan juga terjaga. Hingga saat ini, sudah ada tiga LOCA yang diterbitkan. Yohanes menambahkan, Airnav Indonesia juga menyalurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) berupa 7 unit gazebo yang akan ditempatkan di pinggir Pantai Kinunang-Likupang.

Program tersebut bekerja sama dan berkolaborasi dengan kepala Dinas Pariwisata Sulut, bupati dan wakil bupati Minut, PT Perkebunan Nusantara XIV, dan masyarakat sekitar pantai

Meningkat
Yohanes menyebut traffic penerbangan di Bandara Sam Ratulangi cenderung meningkat pada 2021. Pada Oktober 2021, angkanya mencapai 1.019 penerbangan, meningkat dari level terendah pada Agustus 2021 sejumlah 542 penerbangan. Diperkirakan, tren penerbangan di Bandara Sam Ratulangi akan terus meningkat ke level sebelum pandemi Covid-19.

Yohanes menambahkan pada Januari 2020, sebelum Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi oleh pemerintah pada Maret 2020, jumlah traffic di Bandara Sam Ratulangi mencapai 2.059 penerbangan. Yohanes menyatakan AirNav optimistis hal itu berpotensi kembali ke atas 2.000 penerbangan sebulan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rasa Syukur Disabilitas Terima SK Non-ASN dari Gubernur Sulsel

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman menyerahkan surat keputusan non-ASN Pemprov Sulsel kepada 12 orang penyandang disabilitas.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rawat Korban Tragedi Kanjuruhan, Menkes Diminta Tak Persoalkan Biaya

Menkes Budi Gunadi Sadikin diminta tidak mempersoalkan biaya dalam merawat korban tragedi Kanjuruhan

NEWS | 3 Oktober 2022

Surya Paloh Jelaskan Alasan Nasdem Usung Anies Baswedan

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh menjelaskan alasan pihaknya memilih mengusung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Jenderal Andika Diminta Cek Video Tindakan Berlebih TNI di Tragedi Kanjuruhan

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa diminta  melakukan tindakan cepat sesuai aturan terkait tragedi Kanjuruhan

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Mahfud Minta Polri Segera Ungkap Pelaku

Mahfud MD meminta Polri agar segera mengungkap pelaku yang harus bertanggung jawab dalam tragedi Kanjuruhan

NEWS | 3 Oktober 2022

Divisi Propam Akan Dirombak, Polri: Perlu Proses dan Kajian

Perombakan struktural secara terbatas terhadap Divisi Propam Polri membutuhkan proses, analisis, serta pengkajian terlebih dahulu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, Tim Pencari Fakta Targetkan Rampung dalam 3 Pekan

Mahfud MD menyampaikan, tim pencari fakta menargetkan pengusutan tragedi Kanjuruhan rampung dalam tiga pekan ke depan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Terima Amanah Nasdem, Anies Baswedan: Saya Siap Capres

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, dirinya menerima amanah dari Partai Nasdem untuk dicalonkan sebagai capres di Pilpres 2024.

NEWS | 3 Oktober 2022

Deklarasi Anies Baswedan Capres, Paloh Pimpin Hening Cipta Tragedi Kanjuruhan

Deklarasi Anies Baswedan capres dari Partai Nasdem, diawali dengan hening cipta atas tragedi Kanjuruhan yang dipimpin Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

NEWS | 3 Oktober 2022

Mahfud MD Pimpin Tim Pencari Fakta Usut Tragedi Kanjuruhan

Pemerintah membentuk tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF) yang dipimpin Mahfud MD untuk mengusut tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rasa Syukur Disabilitas Terima SK Non-ASN dari Gubernur Sulsel

Rasa Syukur Disabilitas Terima SK Non-ASN dari Gubernur Sulsel

NEWS | 1 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings