Logo BeritaSatu

DPR Akan Evaluasi Kegiatan Gekraf Paris Fashion Show

Kamis, 17 Maret 2022 | 21:10 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian menyayangkan kegaduhan terkait acara Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekraf) yang "mencatut" Paris Fashion Week. Hetifah mengatakan pihaknya akan mengevaluasi acara tersebut, termasuk mengenai kabar yang menyebut kegiatan Gekraf di Paris itu menggunakan APBN dan tidak tepat sasaran.

"Nanti kita evaluasi lah," kata Hetifah, Kamis (17/3/2022).

Hetifah mengatakan, dengan ekonomi digital saat ini, promosi dan pemasaran produk sebenarnya dapat dilakukan tanpa kehadiran fisik.

"Ini bahan evaluasi kita bersama supaya tidak terjadi lagi hal seperti ini," tuturnya.

Diketahui, sejumlah merek lokal Indonesia "mencatut" nama Paris Fashion Week. Sejumlah pihak mempertanyakan Kenapa banyak brand-brand Indonesia yang tidak berkaitan dengan fashion bisa tampil di Paris Fashion Week, padahal seleksi yang dilakukan sangat ketat. Merk fashion yang sudah mendunia saja belum tentu diterima.

Merek-merek lokal tersebut ternyata tampil di acara Gekraf dengan nama Gekraf Paris Fashion Show during Paris Fashion Week.

Hetifah Sjaifudian menyayangkan adanya miskomunikasi perhelatan yang seolah-olah Paris Fashion Week, namun ternyata bukan. Hetifah mengungkapkan acara Gekraf tersebut telah membawa nama Indonesia menjadi kurang baik.

"Karena itu juga membawa nama kita (Indonesia), menjadi kurang baik. Tapi saya yakin ke depan memang produk-produk kita membutuhkan event-event dan momen-momen untuk memperkenalkan produk kita keluar, dan ini menjadi PR juga untuk pemerintah dan DPR," katanya.

Sebelumnya, Ketua Badan Komunikasi Gekraf Riefian Fajarsyah (Ifan Seventeen) meluruskan kesalahpahaman terkait munculnya merek-merek Indonesia di Paris Fashion Week.

"Paris Fashion Week adalah event tahunan yang diselenggerakan FHCM (Fédération de la Haute Couture et de la Mode). Bisa dikatakan Paris Fashion Week adalah event fashion terbesar di dunia, lebih besar dari New York Fashion Week. Wajar para antusias fashion dan penggemar datang ke Paris Fashion Week," kata Ifan dalam akun Instagramnya, Senin malam (7/3/2022).

Menurut Ifan, di sekitar digelarnya Paris Fashion Week banyak event-event fashion show. Gekraf dan Kemenpar kemudian mengajak brand-brand yang kompeten, sehingga brand-brand non-desain bisa berkolaborasi dengan para desainer, tetapi bukan di acara Paris Fashion Week.

"Makanya kami namakan Gekraf Paris Fashion Show during Paris Fashion Week. Itu sudah kita katakan kepada brand-brand dan desainer. Mungkin miss-nya di sini. Pada saat brand-brand menyampaikan kepada key opinion leader (influencers) di sana hal ini kurang ditekankan jadi banyak sekali mereka menamakan kegiatan mereka Paris Fashion Week," tambah Ifan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Buka Cabang di Serang, Kasoem Vision Care Berikan Pemeriksaan Penglihatan

Kasoem Vision Care memberikan layanan pemeriksaan pengelihatan saat menggelar grand opening store di Mall of Serang, Serang, Banten, Minggu (2/10/2022)

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Asus ExpertBook B7 Flip, Laptop dengan Slot SIM Card 5G

Asus memiliki varian laptop bisnis ExperBook B7 Flip yang dibekali dengan slot sim card untuk menghadirkan konektivitas 5G.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Konten Prank Baim Wong soal KDRT Rendahkan Institusi Polisi

Artis Baim Wong dan Paula Verhouven tengah menjadi sorotan dan membuat geram warganet usai keduanya membuat konten prank KDRT.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

14 Tahun di Indonesia, Happycall Terus Kembangkan Teknologi Mutakhir

Happycall memasuki pasar Indonesia pada 2008 dan tahun ini menandai hari jadi happycall Indonesia yang ke-14 yang jatuh pada 30 September 2022.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Buat Konten Prank KDRT, Baim Wong dan Paula Dihujat Warganet

Akun sosmed pasangan artis Baim Wong dan Paula Verhoeven menjadi bahan hujatan warganet karena membuat konten prank melaporkan KDRT ke kepolisian.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Hari Batik Nasional 2022, PPI DKI Jakarta Gelar Parade 100 Perempuan Berkebaya

Memperingati Hari Batik Nasional 2022, PPI DKI Jakarta menggelar Parade 100 Perempuan Berkebaya di Mall Kasablanka.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan Jadi Trending Topics di Twitter

Insiden tragis pasca pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) di Kanjuruhan jadi perhatian warganet.

LIFESTYLE | 2 Oktober 2022

Perpusnas Dukung Pengembangan Usaha Kuliner Kopi Nusantara

Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menggelar pelatihan program wirausaha kopi bagi masyarakat yang memiliki keminatan wirausaha di bidang kopi.

LIFESTYLE | 1 Oktober 2022

Jadi Korban KDRT, Lesti Kejora Belum Berencana Gugat Cerai Rizky Billar

Setelah menjadi korban KDRT, penyanyi Lesti Kejora belum berencana menggugat cerai Rizky Billar. Lesti masih fokus menyembuhkan sakitnya dulu.

LIFESTYLE | 1 Oktober 2022

Tampil Perdana Usai Absen 3 Tahun, Ini Kata Grup K-Pop iKON

Grup idola K-pop iKON mengaku merasa gugup bertemu para penggemar mereka atau iKONIC di Indonesia setelah hampir tiga tahun tak bertemu mereka.

LIFESTYLE | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Besok, Surya Paloh Umumkan Capres Nasdem di Pilpres 2024

Besok, Surya Paloh Umumkan Capres Nasdem di Pilpres 2024

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings