Pusat Data TNI AL Raih Pengakuan Global

Pusat Data TNI AL Raih Pengakuan Global
Wakil Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal), Laksamana Pertama TNI Trismadi, menerima Penghargaan bergengsi, Special Achievement in GIS, dari President dan Founder Esri, Jack Dangermond, serta CEO Esri Indonesia, Dr A. Istamar, di San Diego, Amerika Serikat. ( Foto: Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Senin, 17 Juli 2017 | 18:14 WIB

San Diego - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menerima penghargaan khusus GIS untuk Pusat Informasi Data Hidrografi (HDC) modern yang dimilikinya. HDC ini menyediakan akses data hidrografi dan oseanografi kepada masyarakat dan perusahaan-perusahaan perkapalan.

Menyisihkan lebih dari 300.000 organisasi di seluruh dunia, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) menerima penghargaan yang diberikan oleh pendiri sekaligus CEO Esri, Jack Dangermond.

Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas inovasi Pushidrosal dalam menggunakan teknologi Geographic Information System (GIS) dalam mendukung kinerja TNI AL dan industri kelautan serta perkapalan.

"HDC milik TNI AL ini didukung oleh platform analisis berbasis lokasi terkemuka yang dinamakan ArcGIS. Teknologi ini sendiri berdiri di atas sistem pemrosesan yang digunakan Pushidrosal," kata CEO Esri Indonesia, A Istamar, dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Senin (17/7).

ArcGIS, kata Istamar, memfasilitasi proses integrasi data secara lancar. Data ini datang dari beragam departemen dan institusi yang berafiliasi dengan TNI AL. ArcGIS kemudian menganalisis dan memvisualisasikan data yang telah diproses dalam bentuk dashboard pemetaan dinamis.

"Presentasi pemetaan yang dinamis ini memberi visualiasi yang jelas kepada para pembuat keputusan tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi aktivitas atau operasi di laut," jelas dia.

Lebih jauh, kata Istamar, teknologi ini juga membantu Pushidrosal secara lebih efisien berbagi data dengan departemen-departemen lain di seluruh organisasi.

"Dengan demikian, tidak perlu menggunakan USB flash drive untuk melakukan transfer informasi dalam jumlah besar," tambahnya.

Saat mewakili Pushidrosal untuk menerima penghargaan, Kepala Pushidrosal, Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro, menyampaikan, pihaknya sangat tersanjung dengan penghargaan ini dan mengetahui bahwa pemanfaatan teknologi GIS yang mengubah cara TNI AL beroperasi mendapatkan pengakuan global.

"HDC memainkan peran vital dalam membantu Pushidrosal melaksanakan mandatnya, yaitu mendukung TNI AL dalam menjaga lautan kita dan memberikan dukungan strategis kepada industri bahari dan perkapalan," kata Harjo Susmoro.

Pushidrosal, lanjut dia, berkomitmen untuk memastikan HDC dapat memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan. "Kami juga bekerja sama dengan Esri Indonesia untuk membekali staf kami dengan keahlian yang dibutuhkan untuk semakin memaksimalkan kemampuan platform ArcGIS," tambahnya.



Sumber: BeritaSatu.com