Kapolri: Tindak Kekerasan di Papua Dipicu Masalah Kesejahteraan

Kapolri: Tindak Kekerasan di Papua Dipicu Masalah Kesejahteraan
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyebut tindak kekerasan di Papua dipicu masalah kesejahteraan. ( Foto: Antaranews.com )
Bonifacius Jaka / BON Rabu, 5 Desember 2018 | 15:30 WIB

Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyebut akar masalah utama tindak kekerasan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua karena kesejahteraan. "Akar masalah utama dari aksi kekerasan bersenjata oleh kelompok-kelompok ini terutama karena memang masalah pembangunan, masalah kesejahteraan," kata Tito usai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/12).

Tito menjelaskan, pembangunan infrastruktur yang agak terlambat karena geografis yang sulit diduga memicu kelompok-kelompok yang tidak sabar untuk menampilkan eksistensi mereka. "Memang pembangunan terlambnat karena geografis sulit di Pegunungan Tengah," tambahnya.

Untuk itu Tito memastikan Presiden Jokowi sudah bertekad kuat membangun kawasan Pegunungan Tengah. "Bapak Presiden sudah bertekad kuat membangun pegunungan tengah, salah satunya membuka akses jalan Trans Papua yang mungkin dari zaman dulu sulit diwujudkan," kata Tito.

Lebih jauh Tito meyakini pembangunan infrastruktur tersebut sudah ditunggu-tunggu masyarakat Papua. "Harusnya ini disyukuri. Saya yakin masyarakat Papua menunggu pembangunan ini untuk membuka akses pada mereka," jelasnya.

Lihat video:



Sumber: BeritaSatu TV