Pengganti Letjen Doni di Wantannas Sebaiknya Perwira TNI AL Berkapabilitas Akademis

Pengganti Letjen Doni di Wantannas Sebaiknya Perwira TNI AL Berkapabilitas Akademis
Letjen TNI Doni Monardo dilantik sebagai kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu, 9 Januari 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Novy Lumanau )
Asni Ovier / AO Rabu, 9 Januari 2019 | 10:01 WIB

Jakarta – Letnan Jenderal Doni Monardo resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dengan demikian, jabatan Doni sebelumnya, yakni Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) kosong.

Posisi Sekjen Wantannas itu sebaiknya diisi oleh sosok perwira tinggi TNI Angkatan Laut (AL) yang memiliki kapabilitas akademis. “Tepatlah kiranya jika kali ini Sekjen Wantannas yang baru dijabat oleh perwira tinggi dari TNI Angkatan Laut. Terlebih, perwira yang memiliki kapabilitas sebagai akademisi guna melakukan berbagai analisis keamanan,” kata pengamat militer dan pertahanan Susaningtyas NH Kertopati atau akrab disapa Nuning di Jakarta, Rabu (9/1).

Dikatakan, pengganti Doni sebagai Sekjen Wantannas patut diisi oleh sosok yang lebih berorientasi kemaritiman. Tugas Sekjen Wantannas yang baru juga harus memperhatikan situasi keamanan eksternal.

Dinamika konflik Laut China Selatan memerlukan perhatian Sekjen Wantannas yang baru agar mampu memberikan masukan yang tepat kepada Presiden. “Keseimbangan kondisi keamanan nasional dan situasi keamanan regional harus mendapat porsi yang seimbang dalam menjabarkan visi pemerintah menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,” kata Nuning



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE