Perkuat Hubungan Diplomatik, Ryamizard Ryacudu Bertemu Menhan Rusia

Perkuat Hubungan Diplomatik, Ryamizard Ryacudu Bertemu Menhan Rusia
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu (tengah), bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (dua kanan), KASAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, KASAL Laksamana TNI Siwi Sukma Aji, dan KASAD Jendral Andi Perkasa, bergandengan tangan dalam rapat pimpinan proyeksi pertahanan 2019 di Jakarta, Rabu 16 Januari 2019. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao. / SP/Joanito De Saojoao. )
Yeremia Sukoyo / AMA Kamis, 7 Februari 2019 | 12:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pertahanan RI Rymizard Ryacudu akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menhan Rusia di Gedung Kementerian Pertahanan Rusia, Moskow Rabu, (6/2) waktu setempat. Kunjungan kenegaraan tersebut dilakukan sebagai bentuk penguatan hubungan diplomatik antara Republik Indonesia dan Federasi Rusia.

Di hadapan General of the Army Rusia, Sergei Shoigu, Ryamizard Ryacudu memandang positif terhadap kerja sama pertahanan bilateral yang sudah terjalin antar dua negara. Dalam kesempatan itu, Ryamizard mengucapkan banyak terima kasih atas kerja keras seluruh pihak di Rusia sehingga pertemuan bilateral tersebut dapat terlaksana.

“Pertemuan diharapkan akan memberikan hasil yang positif bagi hubungan dan kerjasama kedua negara. Terlebih Rusia selama ini menjadi negara partner diplomatik dalam berbagai bidang, baik dalam pengadaan Alutsista, peningkatan kapasitas dan kapabilitas personel militer Indonesia,” kata Menhan Ryamizard, dalam keterangannya yang diterima Beritasatu.com di Jakarta, Kamis (7/2).

Selaras dengan konsep diplomasi pertahanan yang diusung oleh Kementerian Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu yakin, Indonesia-Rusia memiliki pengaruh dan kapabilitas yang besar dalam mengambil peran guna menjaga stabilitas keamanan kawasan. Dengan demikian selanjutnya diharapkan dapat berdampak pada perdamaian dan ketertiban dunia.

“Hal mendasar lainnya dari komponen diplomasi pertahanan Indonesia adalah bahwa selama ini Indonesia tetap mengedepankan konsep strategi pertahanan tanpa memiliki musuh dari negara mana pun,” Ryamizar Ryacudu.

Kepada Menhan Rusia Sergei Shoigu, Ryamizard Ryacudu menegaskan, pada perkembangnya untuk saat ini, musuh utama Indonesia adalah teroris dan bencana alam. Yang paling utama adalah teroris.

Sebagai musuh bersama dunia saat ini, berbagai bentuk kebijakan penanggulangan terorisme telah diupayakan oleh Pemerintah Indonesia, termasuk Kemhan.

Sebagai landasan peningkatan kemitraan strategi kedua negara, mereka mengupayakan adanya bentuk peningkatan kerja sama dengan pihak Indonesia-Rusia di berbagai bidang baik yang telah berlangsung maupun yang selanjutnya akan dilaksanakan seperti pertukaran informasi, latihan bersama, saling kunjung antar pejabat, serta peningkatan dialog keamanan tahunan antar kedua negara.

Pada kesempatan tersebut Menhan Rusia juga mengundang Indonesia untuk mengikuti beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di Rusia, seperti Konferensi Keamanan Internasional, Army Forum, Army Games, dan Parade Angkatan Laut.



CLOSE