TNI AD Miliki‎ Badan Standardisasi dan Kelaikan Komoditi Militer

TNI AD Miliki‎ Badan Standardisasi dan Kelaikan Komoditi Militer
Personel TNI AD melakukan pengamanan di pintu gerbang menuju lokasi pelaksanaan KTT Indian Ocean Rim Association (IORA) ke-20 tahun 2017 di Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 5 Maret 2017. ( Foto: Antara/Wahyu Putro A )
Robertus Wardi / JAS Kamis, 7 Februari 2019 | 21:19 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) telah memiliki Markas Dinas Kelaikan Angkatan Darat (Dislaikad). Markas ini bertugas sebagai standardisasi dan kelaikan komoditi militer.

Peresmian markas ini dilakukan pada Kamis (7/2) yang berlokasi di Jalan Manunggal Raya 99, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

‎"Dislaikad bertugas pokok menyelenggarakan standardisasi dan kelaikan komoditi militer untuk pengadaan dan hasil pemeliharaan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya, Kamis (7/2).

Ia menjelaskan setiap material alat utama (Alut/Alutsista) TNI AD sebelum diterima oleh satuan pengguna material perlu mendapatkan sertifikasi kelaikan. Hal itu guna memastikan bahwa Alut/Alutsista tersebut dapat berfungsi dengan baik, laik dan siap dioperasionalkan. Selain itu untuk menjamin terwujudnya keselamatan yang handal, baik keselamatan personel, material, maupun lingkungan.

"Salah satunya melalui pelaksanaan uji fungsi kelaikan sebagai salah satu bagian dari tugas pokok Dislaikad,” jelas Candra.

Menurutnya, Dislaikad dibentuk pada tanggal 20 Desember 2016 berdasarkan Peraturan Kasad nomor 67/2016, merupakan salah satu Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) di tingkat Mabesad yang berkedudukan langsung di bawah Kasad.

Ada 26 item alat kelaikan yang diuji meliputi 11 item alat kelaikan untuk menguji material peralatan, tujuh item alat kelaikan untuk menguji material perbekalan dan angkutan. Kemudian ada enam item alat kelaikan untuk menguji material perhubungan, satu item alat kelaikan untuk menguji material kesehatan, dan satu item alat kelaikan untuk menguji material zeni dan konstruksi.



CLOSE