RI Perkuat Kerja Sama dengan Rusia Berantas Terorisme

RI Perkuat Kerja Sama dengan Rusia Berantas Terorisme
Ilustrasi terduga teroris. ( Foto: Antara )
Robert Wardy / WBP Senin, 11 Februari 2019 | 17:13 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Koodinator (Menko) bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mengemukakan Indonesia memperkuat kerja sama dengan Rusia guna melawan terorisme.

“Rusia sudah menawarkan kita membuat suatu peta dunia, peta anatomi terorisme dunia. Jadi, masing-masing negara akan memberikan kontribusi dari kacamata mereka, bagaimana terorisme di negara mereka dikumpulkan, dan dikompilasi sehingga kita tahu terorisme dunia itu seperti apa,” kata Wiranto usai menerima duta besar Bosnia-Herzegovina di kantor Kemko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (11/2).

Ia akan melakukan pertemuan bilateral dengan Rusia. Namun tidak disebut kapan pertemuan dilakukan. Selain masalah terorisme, persoalan yang juga dibahas mengenai keamanan internasional.

“Keamanan nasional yang dikaitkan dengan keamanan regional dan internasional. Terutama kita membahas masalah-masalah terorisme dan radikalisme. Gimana kita mau melawannya. Termasuk, berbicara masalah counter terrorism financing. Bagaimana kita bisa mencegat pembiayaan-pembiayaan yang disinyalir digunakan untuk biaya terorisme,” tutur Wiranto.

Dia menegaskan terorisme melakukan aksi dan penyebaran pahamnya lintas batas. Dalam kondisi seperti itu, tidak ada negara yang sanggup melawan sendiri. Perlu kerja sama dengan negara lain agar bisa membatasi dan mengisolasi pergerakan para pelaku terror.

“Tidak ada terorisme berdiri sendiri, kegiatannya sudah melewati batas negara. Nah, ini yang segera kita garap dengan Rusia,” tutup Wiranto.



CLOSE