Seskoal Laksanakan Kuliah Kerja Luar Negeri di 3 Negara

Seskoal Laksanakan Kuliah Kerja Luar Negeri di 3 Negara
Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda Amarula Octavian saat berkunjung ke Goh Keng Swee Command and Staf College Singapura dalam rangka kuliah kerja luar negeri, Kamis, 28 Maret 2019. ( Foto: Istimewa / Seskoal )
Asni Ovier / AO Rabu, 3 April 2019 | 19:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) melaksanakan Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) di 3 negara, yakni Thailand, Singapura, dan Filipina. KKLN itu digelar pada 25 hingga 29 Maret 2019.

Dalam siaran pers Seskoal yang diterima di Jakarta, Rabu (3/4/2019) disebutkan, sebanyak 150 perwira mahasiswa (pasis), dosen, dan pembimbing akademik mengikuti kegiatan tersebut. Mereka terbagi dalam tiga kelompok mengunjungi beberapa instansi pemerintah dan markas militer atau angkatan laut tiga negara tersebut.

Rombongan Seskoal dipimpin langsung oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda Amarulla Octavian dan diterima secara resmi oleh para pejabat setempat. Rombongan Seskoal juga diterima oleh Duta Besar RI di Bangkok Ahmad Rusdi, Duta Besar RI di Singapura I Gede Ngurah Swajaya, dan DCM KBRI di Manila Budi Dhewajani.

Tujuan utama KKLN adalah berkunjung ke counterpart Seskoal di tiga negara anggota ASEAN tersebut. Kunjungan ke Thailand Naval Command and Staff College diterima oleh komandan Rear Admiral Sittichai Tangjai, kunjungan ke Goh Keng Swee Command and Staf College Singapura diterima oleh komandan Colonel Simon Lee Wee Chek, dan kunjungan ke Armed Forces of the Philippines Command and General Staff College diterima oleh komandan Colonel Augusto V Gaite.

Para peserta KKLN juga mengunjungi beberapa industri pertahanan terkemuka dan galangan-galangan kapal perang serta pusat-pusat kajian, seperti RSIS Nanyang Technological University. Pada kesempatan yang baik tersebut para pasis Seskoal dapat berinteraksi langsung dengan rekan mereka dari sesko tiga negara.

Bahkan, para peserta sempat mengikuti perkuliahan di kelas sekaligus diskusi kelompok. Berbagai fasilitas pendidikan dan perpustakaan juga menjadi objek kunjungan untuk meningkatkan fasilitas pendidikan yang dimiliki Seskoal.

Diskusi di antara para dosen juga membandingkan kurikulum dan berbagai peluang untuk melaksanakan joint research, visiting professor, dan directing staff exchange. Para pasis juga memperoleh kesempatan untuk mengambil data dan wawancara dengan para pejabat negara atau pejabat militer negara-negara tersebut guna melengkapi penyusunan tesis. Rencana kerja sama ke depan juga diproyeksikan sebagai bagian terintegral Seskoal untuk meraih akreditasi internasional.



Sumber: BeritaSatu.com