Wujudkan Navy 4.0, Seskoal-ITB Kembangkan Aplikasi Octopus

Wujudkan Navy 4.0, Seskoal-ITB Kembangkan Aplikasi Octopus
Komandan Seskoal Laksamana Muda Amarulla Octavian dan Rektor ITB Kadarsah Suryadi berfoto bersama setelah penandatanganan kerja sama kedua institusi di Jakarta, Jumat, 3 Mei 2019. ( Foto: Istimewa / Seskoal )
Asni Ovier / AO Sabtu, 4 Mei 2019 | 16:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) melakukan kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Kerja sama itu digelar untuk mewujudkan TNI AL di era Revolusi Industri 4.0. atau Navy 4.0.

Piagam Perjanjian Kerja Sama (PKS) ditandatangani bersama oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda Amarulla Octavian dan Rektor ITB Kadarsah Suryadi di hadapan para pejabat utama Seskoal dan staf ITB di Jakarta, Jumat (3/5/2019). Dalam siaran pers Seskoal yang diterima di Jakarta, Sabtu (4/5/2019) disebutkan, dalam waktu dekat kedua institusi akan memasuki tahap finalisasi pembuatan program aplikasi (start up) Ocean Crime Prevention System (Octopus) untuk meningkatkan efektivitas operasi laut yang digelar TNI AL.

Danseskoal Laksda Amarulla Octavian mengatakan, program aplikasi tersebut memiliki keunggulan mampu memperkirakan wilayah perairan yang rawan terhadap berbagai bentuk pelanggaran dan tindak pidana di laut selama tiga hari ke depan.

“Untuk kerja sama di bidang pendidikan meliputi pertukaran dosen dalam beberapa mata kuliah tertentu, pertukaran dosen dalam penyusunan tesis dan disertasi, program seat in bagi para perwira mahasiswa Seskoal dan mahasiswa ITB,” ujar Danseskoal.

Sementara, kerja sama di bidang penelitian meliputi penelitian bersama untuk pengembangan teknologi tanpa awak di laut baik UAV, USV (Unmanned Surface Vehicle), maupun USSV (Unmanned Sub Surface Vehicle). Selain itu, juga pengembangan naval nano teknologi untuk konstruksi pangkalan TNI AL dan pangkalan Marinir sesuai military specification.

Kerja sama juga meliputi akses perpustakaan (e-library) dan publikasi artikel-artikel ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi. Para perwira mahasiswa dan dosen Seskoal juga memperoleh kesempatan untuk memanfaatkan beberapa laboratorium ITB untuk kepentingan penelitian dan penyusunan tesis.

“Rencana kerja sama ke depan yang saling menguntungkan juga diproyeksikan sebagai bagian terintegral Seskoal untuk meraih akreditasi internasional,” ujar Octavian.



Sumber: BeritaSatu.com