Tingkatkan Efektivitas, Kolinlamil Perbarui Alutsista

Tingkatkan Efektivitas, Kolinlamil Perbarui Alutsista
Prajurit Kolinlamil TNI AL di Markas Komando Kolinlamil, Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara Senin (1/7/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Carlos Roy Fajarta Barus )
Carlos Roy Fajarta / WBP Senin, 1 Juli 2019 | 16:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Satuan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI AL terus memperbaharui alat utama sistem persenjataan (alutsista) Landing Platform Dock (LPD) dan Landing Ship Tank (LST) untuk mendukung pengangkutan pasukan dan material demi menjaga kedaulatan NKRI.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji yang dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Panglima Komando Lintas Laut Militer, Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto di Markas Kolinlamil Pos IX Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Senin (1/7/2019).

"Kolinlamil perlu menajamkan dan meningkatkan kemampuan operasional laut militer bisa mendukung pertahanan dan keamanan negara serta mendukung program pembangunan nasional," ujar Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto.

Untuk itu kata Heru, unsur modernisasi alutsista menjadi hal mutlak sehingga satuan Kolinlamil TNI AL bisa berperan lebih aktif dalam mendukung poros maritim dunia dan meningkatkan tugas lintas laut strategis, hingga penyediaan logistik tepat waktu.

"Sejumlah unsur landing platform dock (LPD) dan landing ship tank (LST) baru akan memperkuat jajaran Kolinlamil diikuti penghapusan beberapa unsur sesuai prioritas. Namun dalam menjalankan tugas harus mengedepankan profesionalitas dan mendukung tugas pokok TNI," tambah Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto.

Sebagaimana diketahui sejak berdiri di tahun 1961 dengan nama Djawatan Angkutan Laut Militer hingga saat ini sudah ada 35 kali pergantian kepemimpinan di satuan Kolinlamil. Dalam angkutan Lebaran Idulfitri 2019 lalu pihak Kolinlamil mengerahkan KRI Banda Aceh dalam program mudik gratis ke sejumlah lokasi di Pulau Sumatera.



Sumber: Suara Pembaruan