Seskoal Gelar Flag Officer Course Programme dan Multinational Operation Course

Seskoal Gelar Flag Officer Course Programme dan Multinational Operation Course
Para peserta Flag Officer Course Program (FOCP) yang digelar Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) bersama US Naval War College (US NWC) berfoto bersama di sela-sela acara yang digelar di Seskoal, Jakarta, Senin, 29 Juli 2019. ( Foto: Istimewa )
Asni Ovier / AO Senin, 29 Juli 2019 | 17:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) bekerja sama dengan US Naval War College (US NWC) menyelenggarakan Flag Officer Course Program (FOCP). Acara yang digelar pada 29-31 Juli 2019 itu diselenggarakan di Seskoal, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Dalam siaran pers Seskoal yang diterima di Jakarta, Senin (29/7/2019) disebutkan, kursus eksekutif tersebut merupakan yang pertama kali bagi kedua institusi dalam konteks hubungan bilateral Indonesia-Amerika Serikat. Kursus dibuka secara resmi oleh Asrena Kasal Laksamana Muda Arusukmono dan dihadiri para pejabat utama Mabes TNI AL, pejabat kementerian luar negeri, kementerian pertahanan, kementerian riset, teknologi, dan pendidikan tinggi, sekolah staf komando TNI, Seskoad, Seskoau, dan perwakilan dari beberapa perguruan tinggi Negeri.

Program tersebut mengambil tema “Issues and Challenges Associated with Interagency and Multinational Operations”. Dengan tema itu, kursus dirancang untuk memberikan wawasan sekaligus pengetahuan memimpin suatu satuan tugas pada tataran internasional.

Delegasi US NWC terdiri atas yakni 25 perwira tinggi, professor, dan staf atase pertahanan dan kantor Office for Defense Cooperation (ODC). Mereka dipimpin oleh Laksamana Muda Michael Stephen White. Para narasumber juga berasal dari beberapa perwira Angkatan Laut Amerika Serikat dan Angkatan Laut Australia yang memiliki pengalaman memimpin operasi multinasional.

Pada saat yang bersamaan juga diselenggarakan “Multinational Operation Course” untuk para perwira mahasiswa Pendidikan Reguler Seskoal angkatan ke-57 selama 5 hari, yakni 29 Juli hingga 2 Agustus 2019. Kursus ini sudah masuk menjadi kurikulum Seskoal bersama-sama dengan kursus yang diselenggarakan bersama US Naval Postgraduate School (US NPS) untuk meningkatkan kemampuan para perwira mahasiswa dalam proses pengambilan keputusan kampanye militer pada tataran internasional.

Komandan Seskoal Laksamana Muda Amarulla Octavian mengatakan, dua kursus tersebut merupakan wujud program 100 hari Kasal Laksamana Siwi Sukma Adji untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas intelektual perwira TNI AL.

“Diharapkan, setelah mengikuti kursus-kursus tersebut, kemampuan para perwira tinggi dan perwira menengah TNI AL di masa mendatang dapat menjadi perwira unggulan di lingkungan angkatan laut ASEAN,” ujar Octavian.



Sumber: BeritaSatu.com