Amankan Jayapura, Ribuan Personel TNI-Polri Diturunkan

Amankan Jayapura, Ribuan Personel TNI-Polri Diturunkan
Warga melintasi bangunan dan kendaraan yang rusak, di Jayapura, Papua, Jumat, 30 Agustus 2019. ( Foto: ANTARA FOTO / Gusti Tanati )
/ YUD Jumat, 30 Agustus 2019 | 18:29 WIB

Jayapura, Beritasatu.com - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengakui mengerahkan ribuan personel TNI-Polri untuk mengamankan Jayapura, pascademo anarkistis yang terjadi Kamis (29/8/2019).

Personel secara bertahap dikirim ke Jayapura sehingga kondisi ibu kota provinsi tertimur Indonesia itu benar-benar kondusif. Bahkan bila diperlukan akan ditambah sesuai dengan kebutuhan daerah, kata Jenderal Pol Karnavian yang dihubungi ANTARA dari Jayapura, Jumat.

Ketika ditanya tentang berapa jumlah pastinya personel TNI-Polri yang dikirim ke Jayapura, Jenderal Pol Tito Karnavian tidak menyebutkan angka pastinya.

"Pasukan akan dikirim untuk mengamankan situasi dan kondisi di kawasan tersebut," ucap Kapolri, menegaskan.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Rodja secara terpisah mengaku, personel yang di BKO dari Mabes Polri itu karena jumlah personel yang ada terbatas, akibat sebagian besar anggota sudah disebar ke daerah.

"Memang jumlah personel yang ada di jajaran Polda Papua terbatas sehingga sangat dibutuhkan penambahan," ujar Irjen Pol Rodja.

Situasi kota Jayapura nampak masih lengang dan masyarakat lebih memilih berada di luar, namun sekelompok warga terutama kaum pria berjaga-jaga di depan pintu masuk pemukiman.



Sumber: ANTARA