Pekan Olahraga PKB Kejuangan Seskoal Dimeriahkan Atraksi Pencak Silat Merpati Putih

Pekan Olahraga PKB Kejuangan Seskoal Dimeriahkan Atraksi Pencak Silat Merpati Putih
Pencak Silat Bela Diri Tangan Kosong Merpati Putih memperlihatkan kemampuan pada acara pembukaan Pekan Olahraga (POR) Program Kegiatan Bersama (PKB) Kejuangan 2019 di Lapangan Laut Jawa Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal), Jakarta, Selasa, 24 September 2019. ( Foto: Istimewa / Seskoal )
Asni Ovier / AO Selasa, 24 September 2019 | 20:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sebanyak 230 personel yang terdiri atas Perwira Mahasiswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal), dosen, perwira, bintara, tamtama, dan PNS mengikuti upacara pembukaan Pekan Olahraga Program Kegiatan Bersama (PKB) Kejuangan 2019. Mereka juga menampilkan atraksi patahan pencak silat bela diri tangan kosong Merpati Putih.

Atraksi itu dipimpin langsung Danseskoal Laksamana Muda (Laksda) Amarulla Octavian yang juga selaku Pembina Merpati Putih Cabang Khusus Dharma Wiratama Seskoal. Laksda Oktavian didampingi Wadan Seskoal Laksamana Pertama Tatit EW. Acara berlangsung di Lapangan Laut Jawa Seskoal, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Pada demontrasi kali ini, para pendekar Merpati Putih Dharma Wiratama Seskoal mematahkan sebanyak lima rangkap beton hable, plat baja, dan rangkap besi dragon. Bahan, atraksi pematahan beton hable dilakukan dengan kepala.

Dalam sambutannya Komandan Sesko (Dansesko TNI) Marsekal Madya Trisno Hendardi selaku Inspektur Upacara Pembukaan POR PKB Kejuangan 2019 menyampaikan bahwa pekan olahraga merupakan bagian dari PKB Kejuangan yang merupakan wadah integrasi bagi Pasis Sesko TNI, Serdik Sespimti Polri, Pasis Sesko Angkatan, dan Serdik Sespimmen Polri. Acara itu diselenggarakan setiap tahun dalam kurun waktu kurikulum pendidikan yang sedang berjalan selama kurang lebih satu minggu.

"Kegiatan POR ini dapat dijadikan wahana silaturahmi untuk memupuk dan meningkatkan sportivitas, semangat kejuangan, persatuan dan kesatuan TNI-Polri, serta kegembiraan bagi masyarakat. Ini juga untuk meningkatkan semangat kebersamaan dalam sikap dan perilaku di lapangan sebagai abdi negara dalam menjaga kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI," ujar Dansesko TNI.

POR PKB Kejuangan 2019 akan dipertandingkan berbagai cabang olahraga, seperti tenis lapangan, bola voli, menembak, tenis meja, dan bulu tangkis. Kegiatan tersebut selain diikuti oleh Pasis Sesko TNI, Serdik Sespimti Polri, Pasis Sesko Angkatan dan Serdik Sespimmen Polri, juga akan dilaksanakan pertandingan eksibisi antara perwira penuntun (patun) dan dosen dari setia satuan.



Sumber: Suara Pembaruan