Anies Baswedan: Ancaman Komunis Itu Nyata

Anies Baswedan: Ancaman Komunis Itu Nyata
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. ( Foto: Beritasatu.com/Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / AB Selasa, 1 Oktober 2019 | 13:03 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengingatkan bahwa ancaman penggantian ideologi Pancasila dengan komunis itu nyata. Karena itu, peringatan Hari Kesaktian Pancasila hendaknya membuat bangsa Indonesia selalu waspada dan memperhatikan tanda-tanda dan usaha mengganti Pancasila. 

Hal tersebut disampaikan Anies kepada wartawan seusai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Silang Monas Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019). Dalam upacara bertema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia yang Maju dan Bahagia”, Anies juga membacakan teks Pancasila.

Menurut Anies, dalam memaknai peringatan Hari Kesaktian Pancasila, semua komponen bangsa, khususnya yang berada di ibu kota Jakarta harus senantiasa bersikap waspada terhadap upaya-upaya dan ancaman yang dapat merusak keutuhan bangsa dan negara. Hal ini harus dibuktikan dalam kehidupan sehari-hari dengan kerja nyata menjaga Pancasila, terutama dalam menghadirkan sila kelima, yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Cara yang paling mendasar untuk menjaga Pancasila adalah justru dengan menghadirkan sila itu. Sila yang paling dihadirkan adalah sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Baca juga: Presiden Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila 

Pada kesempatan itu, Anies berharap rakyat Indonesia, khususnya warga Jakarta, bersama pemerintah berkolaborasi meneruskan tradisi perjuangan dalam menjaga Pancasila.

“Kalau ada pelaksanaan sebaik-baiknya sila keadilan sosial, maka insyaallah ideologi-ideologi alternatif yang dipaksakan tidak akan bisa menembus. Karena, masyarakat merasakan bahwa Pancasila menjadi keseharian, dan Pancasila dalam keadilannya menjadi kenyataan,” katanya.

 

 

 

 



Sumber: BeritaSatu.com