Dukung Polri, TNI Siap Amankan Pelantikan Presiden

Dukung Polri, TNI Siap Amankan Pelantikan Presiden
Parade pasukan militer KOSTRAD saat memperingati HUT TNI ke -74 yang digelar di di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu 5 Oktober 2019. ( Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao )
Hotman Siregar / WBP Sabtu, 5 Oktober 2019 | 13:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, TNI akan terus mendukung kepolisian untuk mengamankan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober mendatang. Hal itu untuk memberikan rasa aman di masyarakat.

"TNI akan terus mendukung kepolisian RI dalam rangka pelantikan Presiden. TNI siap memberikan bantuan berapa kekuatan yang diminta," ujar Marsekal Hadi Tjahjanto pada peringatan HUT ke-74 TNI tahun 2019 di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019).

Hendropriyono: TNI Solid Dukung Pemerintahan Sah Presiden Jokowi

Hadi mengatakan, pengamanan pelantikan Presiden tak perlu melibatkan alutsista TNI. Namun pihaknya siap menerjunkan pasukan sesuai kondisi di lapangan.

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Hendropriyono menilai bahwa TNI kuat dan solid dukung Presiden Jokowi. Sehingga, ia meyakini tak akan ada gangguan berarti jelang pelantikan Presiden 20 Oktober mendatang. "Saya kira TNI mendukung penuh pemerintahan yang sah. Tak ada yang bisa gulingkan pemerintahan yang sah selama TNI mendukung penuh," ujar Hendropriyono di Halim Perdanakusuma, Sabtu (5/10/2019).

TNI Harus Jaga Pemerintahan Hasil Pemilu Demokratis

Hendro yakin saat ini tidak ada people power. Menurutnya, hanya ada segelintir orang yang memaksakan kehendak kepada pemerintah yang sah.

Ia memastikan TNI AD, AU dan AL mendukung penuh pemerintahan Jokowi. Sehingga, kalau ada demo-demo bekalangan ini tak perlu dikhawatirkan.

"Menjatuhkan Jokowi jauh panggang dari api. Tentara seperti Angkatan Darat sangat orangnya Jokowi. Kuncinya di Angkatan Darat," tandas Hendropriyono.



Sumber: Suara Pembaruan