Polri, TNI dan BIN Siap Amankan Pelantikan Presiden

Polri, TNI dan BIN Siap Amankan Pelantikan Presiden
Ilustrasi pengamanan. (Foto: Antara)
Markus Junianto Sihaloho / FMB Selasa, 15 Oktober 2019 | 16:54 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sejumlah badan terkait pelantikan presiden-wakil presiden melaporkan masih bisa menangani potensi ancaman menyangkut pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Gedung DPR, Jakarta, pada 20 Oktober mendatang.

Hal tersebut disampaikan dalam rapat yang dihadiri pimpinan MPR dan DPR, panglima TNI, kapolri, Kepala BIN, kementerian luar negeri, hingga Komisi Pemilihan Umum.

"Alhamdullilah dari penjelasan bapak panglima, kapolri, kepala BIN, bahwa situasi keamanan kondusif dan masih bisa diatasi dengan segala kemungkinan untuk acara tanggal 20 Oktober jam 14.30 berjalan aman dan tertib," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo hari ini, Selasa (15/10/2019).

Pengamanan akan disiapkan dengan ketat mulai dari titik keberangkatan presiden dan wakil presiden ke DPR hingga kembali lagi ke istana. "Sudah diantisipasi dengan kekuatan penuh dengan alat dan kelengkapan yang sudah disiapkan TNI dan Polri," kata Bamsoet.

Pengamanan juga disiapkan untuk tamu-tamu negara yang akan dijemput dari penginapan. Kata Bamsoet, para tamu negara itu akan diinapkan di hotel yang penjagaannya juga diperketat.

Rencananya, akan hadir dua kepala negara, empat kepala pemerintahan, sembilan utusan khusus, dan 157 duta besar negara sahabat.

"Pun dengan anggota DPR diberikan pengawalan jika diperlukan agar bisa sampai ke Senayan dengan selamat," kata Bamsoet.

Dilanjutkan Bamsoet, MPR, bersama panglima TNI, kapolri, dan kepala BIN, berpesan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk memastikan pelantikan itu harus khidmat. "Karena akan membawa pesan positif bagi negara kita di mata dunia. Mohon doa seluruh masyarakat, adik-adik mahasiswa, mari kita rapatkan barisan untuk kesejahteraan Indonesia," tukas politikus Golkar itu.



Sumber: BeritaSatu.com