Papua Tingkatkan Pengamanan Jelang Pelantikan Presiden

Papua Tingkatkan Pengamanan Jelang Pelantikan Presiden
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw (kiri) didampingi Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Herman Asaribab (kedua kiri) menyalami anggota Brimob di sela-sela upacara apel gabungan di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin, 14 Oktober 2019. ( Foto: Antara / M Risyal Hidayat )
Aichi Halik / AHL Kamis, 17 Oktober 2019 | 16:37 WIB

Jayapura, Beritasatu.com - Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Papua mengklaim bakal memperketat pengamanan objek vital seperti kantor pemerintahan, bandara, pelabuhan, tempat tempat ibadah, jelang pelantikan Presiden pada Minggu 20 Oktober 2019.

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, pihaknya mempunyai kekhawatiran bahwa peristiwa yang terjadi di Jakarta akan merembes ke daerah.

"Kita kan punya bandara, tempat keramaian, tempat ibadah itu harus diamankan juga, karena kita khawatirkan Jakarta dan Jawa di perketat tapi bisa juga mereka masuk ke wilayah kita," kata Paulus di Mapolda Papua, Jayapura, Kamis (17/10/2019).

Selain itu, lanjut Kapolda, ada empat daerah yang jadi prioritas pengamanan yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Jayawijaya.

“Jadi prioritas itu di Jayapura, Wamena (Jayawijaya), juga Mimika,” ujar Paulus.

Paulus mengatakan, pihaknya terus berkomunikasi dengan seluruh jajaran di daerah guna mengecek situasi dan upaya cipta kondisi dalam rangka menjaga keamanan di wilayah masing masing.

“Kita akan tetap jaga keamanan, dengan personil, semua kita bagi tugas, termasuk para pejabat utama Polda Papua sudah ditempatkan di semua wilayah,” ungkap Paulus.



Sumber: BeritaSatu TV