Jelang HUT OPM, Panglima dan Kapolri Kunjungi Papua

Jelang HUT OPM, Panglima dan Kapolri Kunjungi Papua
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tiba di Lanud Silas Papare, Sentani, Jayapura, Rabu, 27 November 2019. ( Foto: Istimewa / Puspen TNI )
Farouk Arnaz / AMA Kamis, 28 November 2019 | 12:44 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kapolri Jenderal Idham Azis bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Papua.

Sejumlah agenda telah disusun dalam kegiatan yang kebetulan berdekatan dengan HUT dan kelahiran Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember itu mendatang.

“Kemarin mengawali kunjungan kerja di Papua dengan menghadiri kegiatan bakti sosial di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Jayapura. Kapolri dan Panglima TNI disambut hangat oleh warga yang hadir,” kata Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Skouw merupakan perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini. Di sana keduanya langsung menuju tenda acara bakti sosial dan kesehatan yang diselenggarakan oleh TNI Polri.

“Panglima TNI dalam arahannya menyampaikan bahwa acara ini diselenggarakan dalam rangka memberikan bantuan kesehatan sehingga diharapkan mampu mewujudkan SDM yang sehat dan maju,” lanjut Iqbal.

Lebih jauh dengan adanya kegiatan bakti sosial dan kesehatan ini diharapkan akan berdampak pada stabilitas keamanan yang terjaga dengan baik dan kondusif.

“Rencananya juga akan ke Wamena untuk kegiatan yang sama. Ada acara bakti sosial dan juga menyampaikan pada masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan,” tambahnya.

Beberapa insiden terjadi setiap kali menjelang 1 Desember. OPM, yang oleh disebut pemerintah sebagai kelompok kriminal bersenjata, kerap membuat ulah. Tak jarang mereka melakukan kekerasan untuk menunjukan eksistensinya.

 



Sumber: BeritaSatu.com